01 October 2019, 12:32 WIB

Menkeu Gembira Jumlah Peserta Olimpiade APBN Meningkat


M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

ANTARA/Asprilla Dwi Adha
 ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Menteri Keuangan Sri Mulyani

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kegembiraannya melihat antusias pelajar setingkat SMA terkait pengetahuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Antusiasme itu dapat dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti olimpiade APBN 2019 yang diselenggarakan Kementerian Keuangan.

"Tahun lalu belum sampai ribuan, masih ratusan. Saya yakin kalau kita upload lebih banyak di medsos pasti akan lebih banyak yang ikut lombanya," kata Sri Mulyani di gedung Dhanapala, Jakarta, Selasa (1/10).

Diketahui, tahun ini, jumlah peserta olimpiade APBN mencapai 1.446 peserta.

Hal itu, kata Sri Mulyani, menandakan perkembangan pengetahuan siswa SMA soal instrumen keuangan itu.

Baca juga: Perkuat Manufaktur, Kemenperin Kawinkan IKM dan Industri Besar

Selain itu, para peserta juga dinilai sebagai investasi negara dalam menanamkan soal seluk-beluk APBN.

"Penting bagi kita untuk menanamkan pada generasi muda bahwa instrumen APBN adalah uang rakyat, dari mana mereka mendapatkannya, bagaimana membelanjakannya, apa implikasinya, semua dimensinya, ini luar biasa," terangnya.

Pengetahuan siswa SMA terkait APBN, kata Sri Mulyani, berbanding terbalik dengan siswa SMA di akhir 80-an.

Ia menceritakan, dirinya saat SMA dulu belum memahami dan mengetahui instrumen APBN lantaran pemerintah saat itu tidak transparan.

"Waktu itu, APBN bentuk dan transparansinya tidak seperti ini, zaman saya SMA setiap Pak Harto menyampaikan APBN, kita dengar angka demi angka disebutkan, tapi kita tidak punya ide itu angka dari mana dan untuk apa," tuturnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT