01 October 2019, 08:10 WIB

DPR Baru Munculkan Ekspektasi Positif


M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

Dok. Pribadi
 Dok. Pribadi
Pengamat Politik Adi Prayitno.

DPR RI periode 2019-2024 dituntut mampu menjawab ekspektasi publik agar kepercayaan rakyat meningkat. Hal itu mengingat lembaga legislatif telah menjadi sorotan negatif dari publik pada beberapa bulan terakhir.

"Harapan DPR periode baru bekerja dengan baik untuk menjawab ekspektasi publik, terutama pada legislasi, pengawasan, dan anggaran," kata pengamat politik Adi Prayitno, kemarin.

Adi mengatakan perbaikan kinerja DPR harus terlihat secara signifikan. Selama ini, lembaga legislatif kurang mendapat kepercayaan dari masyarakat, bahkan kerap membuat kegaduhan yang sebenarnya tidak penting.

Menurut Adi, cara DPR memperbaiki citra ialah dengan menyelesaikan segenap permasalahan yang menumpuk dari periode sebelumnya. "Menyelesaikan RUU yang masih menjadi polemik seperti membuka public hearing sehingga pendapat rakyat terdengar. Jadi ada win-win solusinya," ungkapnya.

Ia juga menyoroti masalah rendahnya tingkat kehadiran anggota di rapat-rapat DPR dan korupsi oleh anggota legislatif. DPR periode baru pun harus imbang dalam melaksanakan tugas, yaitu legislasi, pengawasan, dan penganggaran.

"RUU yang masuk Prolegnas belum banyak terealisasi. Jadi, DPR jangan hanya melakukan pengawasan. Pengawasan DPR itu sangat maksimal, giliran produk DPR tidak selesai," cetusnya.

Meski banyak permasalahan, Adi optimistis anggota parlemen baru yang separuhnya merupakan wajah-wajah baru bisa mengangkat kembali citra DPR.

 

Berbenah

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan kinerja DPR belum bisa dikatakan sempurna. Masih banyak taget-target legislasi dalam Progam Legislasi Nasional (Prolegnas) yang belum bisa dicapai oleh DPR 2014-2024. Meski begitu, ia meyakini DPR akan terus berbenah.

Dalam pidato pimpinan DPR tentang penutupan masa persidangan dan masa bakti keanggotaan DPR periode 2014-2019 kemarin, Bambang mengungkapkan DPR telah banyak menyelesaikan rancangan undang-undang (RUU) kendati masih ada yang belum terselesaikan.

"Tidak ada gading yang tidak retak, kami telah lakukan yang terbaik. Masa pengabdian kita sebagai anggota DPR selama 5 tahun akan berakhir. Esok pagi, anggota DPR yang baru akan ucapkan sumpah dan janji. Selama 5 tahun kita telah bekerja keras dan berjuang untuk penuhi aspirasi rakyat," tandasnya. (Uta/P-2)

BERITA TERKAIT