01 October 2019, 07:24 WIB

Pemkab Flores Timur Giatkan Patroli Kebersihan Laut


Ferdinandus Rabu | Nusantara

Mi/Ferdinandus Rabu
 Mi/Ferdinandus Rabu
Bupati Flores Timur Antonius Gege Hadjon melakukan patroli di Teluk Konga, untuk memantau sampah plastik di wilayah itu, Senin (30/9). 

PEMERINTAH Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur serius memerangi sampah plastik yang dibuang ke laut. Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hadjon langsung turun mengecek di wilayah perairan Teluk Konga, di Kecamatan Titehena untuk mnemantau budidaya mutiara yang berada di Teluk Konga, agar tidak tercemar oleh limbah maupun sampah perusahaan, khusunya plastik.

Saat patroli laut ini, Bupati Flotim bersama sejumlah rombongan dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan, Dinas Badan Penanaman Modal dan Perijinan, serta sejumlah dinas lainnya menggunakan speed boat untuk mengitarai wilayah perairan Larantuka menuju Teluk Konga dan menyinggahi perusahaan budidaya mutiara PT Asammutiara Nusantara, untuk menghimbau agar sama-sama menjaga kebersihan laut.

"Dalam patroli ini tentunya kami ingin memastikan sudah sejauh mana peran perusahan dalam rangka menjaga alam lingkungan, khususnya lingkungan laut. Saya sudah bertemu langsung dengan pihak perusahan, dan meminta pihak perusahan untuk selalu menjaga lingkungan laut, dan menjauhi sampah plastik agar tidak dibuang ke laut," kata Bupati Flores
Timur, Senin (30/9).

Ia meminta agar masyarakat peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang plastik sembarangan.

baca juga: Demo Penolakan RKUHP-UUKPK di Kalsel Berlangsung Damai

"Perusahan tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi juga harus punya peran menjaga kebersihan laut dan tidak membuang sampah semabarangan ke laut. Jika ditemukan, maka tentunya pemerintah akan mengambil sikap tegas," ujar Anton.

Ia meminta patroli laut terus digiatkan dengan aktif membangun koordinasi dengan TNI dan polisi serta masyarakat untuk membersihkan laut. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT