30 September 2019, 13:45 WIB

Jelang Pelantikan Presiden dan DPR, Anies Imbau Jaga Ketertiban


Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum

ANTARA/Galih Pradipta
 ANTARA/Galih Pradipta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

MENDEKATI pelantikan DPR RI dan presiden serta wakil presiden untuk periode 2019-2024, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau berbagai pihak agar menjaga ketertiban.

Termasuk jika masyarakat hendak menggelar demonstrasi nantinya diharapkan demonstrasi bisa berjalan damai dan mengikuti aturan.

"Jadi saya mengimbau semua pihak, pertama kepada pihak yang mau menyampaikan aspirasi. Sampaikan aspirasi itu dengan damai, dengan adab yang baik, supaya aspirasi itu bisa didengar dengan baik pula. Hindari pelanggaran, dari mulai lisan sampai tulisan sampai pengrusakan. Karena lisan pun bisa melakukan pelanggaran, sampai pada tulisan, sampai pengrusakan. Hindari itu," kata Anies di Balai Kota, Senin (30/9).

Sementara itu, ia juga meminta kepada aparat agar bisa mengikuti SOP ketika bertugas.

Baca juga: Wiranto: Gagalkan Pelantikan Berarti Melawan Konstitusi

Menurutnya, aparat yang bertugas membawa nama negara sehingga harus menjaga sikap serta lisannya.

Di sisi lain, Anies terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat serta aparat kepolisian jelang pelantikan anggota DPR RI dan presiden serta wakil presiden periode 2019-2024.

Rapat pembahasan keamanan untuk acara tersebut telah digelar sejak dua pekan lalu. Namun, hingga kini, belum ada rencana prosedur tetap (protap) pengamanan serta terkait pengalihan arus lalu lintas terkait acara itu.

"Kita tahu, rencananya kegiatan di Gedung MPR jam berapa, kemudian sesudah itu ada kegiatan apa, kita belum tahu. Sesudah itu semua ada kepastian, kemudian baru kita menyiapkan pendukungnya. Misalnya rekayasa lalu lintas. Tapi kita tidak bisa melakukan rekayasa lalu lintas kalau belum tahu rutenya mau lewat mana. Nah, itu semua bukan di wilayah kami," ungkapnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT