29 September 2019, 12:41 WIB

Jadi Juara di Korea Terbuka, Fajar/Rian Cetak Sejarah


Despian Nurhidayat | Olahraga

AFP/Jung Yeon-je
 AFP/Jung Yeon-je
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto

SETELAH lama tidak berdiri di podium juara, pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menjadi juara di Korea Terbuka 2019, Minggu (29/9).

Gelar juara yang diperoleh Fajar/Rian didapatkan usai menekuk pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dalam dua gim 21-16 dan 21-17.

Gelar ini menjadi gelar kedua yang didapatkan Fajar/Rian sejak terakhir kali menjadi juara di ajang Swiss Terbuka 2019, Maret lalu.

Selain itu, kemenangan ini pun membuat rekor pertemuan antara Fajar/Rian dan Kamura/Sonoda menjadi imbang 5-5 dalam 10 pertemuan mereka.

Kemenangan itu juga menjadi catatan baru di sektor ganda putra Indonesia. Pasalnya, Fajar/Rian merupakan satu-satunya yang berhasil juara di ajang Korea Terbuka. Sebelumnya, ganda putra Indonesia selalu kandas dan tidak berhasil keluar sebagai pemuncak podium di ajang ini.

Baca juga: Fajar/Rian Juara di Korea Terbuka

Rian mengatakan bahwa kemenangan ini tidak boleh membuat mereka puas. Selain itu, dia pun bertekad terus berlatih dan berusaha lebih keras.

“Bersyukur alhamdulillah bisa menang, semoga kami tidak cepat puas karena setelah ini masih banyak turnamen yang harus kami jalani. Setelah pertandingan ini selesai, kami bukan juara lagi, harus berusaha lagi, latihan lagi. Tadi juga kami sebenarnya nggak menyangka bisa menang straight game, karena mereka bukanlah lawan yang mudah,” ungkap Rian dilansir dari keterangan resmi, Minggu (29/9).

Senada dengan Rian, Fajar pun cukup senang dengan performanya di kejuaraan di Korea ini. Dia pun berharap agar keduanya dapat terus konsisten di kejuaraan-kejuaraan lainnya.

“Alhamdulillah bersyukur bisa menang hari ini di sini. Semoga kedepannya kami bisa konsisten,” tambah Fajar.

Sementara itu, jika melihat pertandingan, Fajar/Rian memang sempat tertinggal di awal gim pertama. Namun, hal tersebut tak menyurutkan langkah Fajar/Rian untuk terus mengejar poin dari lawan. Mereka berhasil unggul dengan skor 21-16.

Masuk ke gim kedua, pertandingan berlangsung lebih ketat. Namun Fajar/Rian kerap memimpin poin dari lawan. Mereka akhirnya berhasil melesat meninggalkan lawan di poin 21-17.

“Hari ini kami lebih percaya diri, lebih siap dan fokus apalagi kemarin habis menang dari mereka,” lanjut Rian.

Hal tersebut dibenarkan Kamura/Sonoda. Mereka mengatakan penampilan Fajar/Rian lebih unggul dan semakin meningkat dibanding pertemuan sebelumnya.

Pertemuan terakhir mereka terjadi di Tiongkok Terbuka 2019 lalu. Saat itu Fajar/Rian juga menang dengan skor 23-21, 22-20.

“Khususnya (Muhammad Rian) Ardianto, kali ini dia main lebih cepat dan kuat dibanding sebelumnya,” puji Sonoda. (OL-2)

BERITA TERKAIT