23 September 2019, 15:13 WIB

Peningkatan Melanin Membuat Flek pada Kulit


Eni Kartinah | Humaniora

Mi/Eni Kartinah
 Mi/Eni Kartinah
  Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Inneke Jane, SpKk, (kiri) dan dr. Gaby Syerly.

KULIT wajah bersih, cerah, mulus adalah dambaan para wanita. Namun, banyak faktor yang menjadi penyebab impian tersebut susah dimiliki. Salah satu masalah kulit yang paling sering dihadapi adalah noda hitam pada wajah atau flek.

Lalu, apa saja penyebab noda atau flek hitam di wajah? Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit.

Flek hitam dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher. Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi di segala usia dan biasanya tidak membahayakan atau menimbulkan rasa sakit. Walaupun begitu, kondisi ini kerap mengganggu penampilan, dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Saat ini sedang marak terobosan baru produk yang berasal dari Singapore untuk mengatasi flek atau melasma, bernama Cyspera. Produk ini sudah teregistrasi BPOM dan Youth & Beauty Clinic by dr. Gaby Syerly menjadi klinik pertama yang menyediakan di Indonesia.

Cream ini sangat cocok dipakai untuk kulit orang Asia,” ungkap dr. Inneke Jane, SpKk, selaku dokter spesialis kulit dan kelamin di Youth & Beauty Clinic yang berlokasi di Kemang Square, Jakarta Selatan, Senin (23/90.

Dokter Gaby Syerly juga menambahkan bahwa Cyspera merupakan produk skincare untuk mengatasi melasma atau hiperpigmentasi tanpa menggunakan hydroquinone dan aman dipakai untuk jangka panjang. Banyak penyebab munculnya melasma, bisa karena hormonal, karena KB, dan faktor eksternal yaitu terpapar sinar matahari langsung tanpa menggunakan sunblock.

“Karena tahun 2019 ini kami, Youth & Beauty Clinic, mengusung kampanye #Menolaktua, maka kami terus berinovasi dan meningkatkan kualitas untuk memperlambat proses penuaan sehingga wanita berumur tetap terlihat awet muda dengan berbagai treatment anti penuaan” jelas dr. Inneke Jane, SpKk.

“Indonesia memiliki iklim yang sangat panas, tentunya flek menjadi problem paling utama yang banyak dimiliki oleh para wanita, apalagi tidak menggunakan sunblock atau tabir surya setiap mau keluar rumah saat pagi hari, tentunya mempercepat timbulnya flek.” tambah dr. Inneke

Jane, SpKk. Dalam rangka kampanye #Menolaktua, dr. Gaby Syerly juga akan merayakan Anniversary klinik yang ketiga yang akan diadakan di Grand Hyatt Jakarta, pada Oktober mendatangi dengan memberikan penjelasan beberapa treatment anti penuaan.

“Siapa sih yang tidak mau terus terlihat awet muda? Tua itu pasti, tapi tetap terlihat muda itu pilihan. Sudah kodrat kita akan menua dan umur terus bertambah, namun bagaimana cara kita untuk merawat dan menyayangi diri kita untuk selalu sehat dan tampil mempesona” kata dr. Gaby Syerly selaku founder dan dokter anti-aging di Youth & Beauty Clinic. (OL-09)

BERITA TERKAIT