22 September 2019, 21:15 WIB

NasDem Gembleng 306 Anggota DPRD Terpilih


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

 MI/MOHAMAD IRFAN
  MI/MOHAMAD IRFAN
Kepala Sekolah Legislatif Partai NasDem Nining Indra Shaleh (kedua dari kanan)

PARTAI NasDem menggembleng 306 Anggota DPRD tingkat I dan II dari 18 Provinsi dan 93 Kabupaten dan Kota yang terpilih pada pemilu legislatif 2019 melalui sekolah legislatif angkatan III. Tujuannya untuk membentuk karakter wakil rakyat yang memiliki konsistensi terhadap visi dan misi partai, menguasai tugas pokok serta fungsi (tupoksi) legislator, menguasai wawasan kebangsaan dan bekerja dengan landasan kepentingan rakyat.

"Melalui sekolah legislatif ini, NasDem menginginkan wakil rakyat yang berkualitas," tegas Kepala Sekolah Legislatif Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Nining Indra Shaleh, saat membuka Sekolah Legislatif Akademi Bela Negara Partai NasDem Angkatan III DPRD Kabupaten dan Kota 2019, di Gedung ABN Partai NasDem, Jakarta, Minggu (22/9).

Pada kesempatan itu hadir Gubernur ABN I Gusti Kompyang Manila, Ketua Mahkamah Partai NasDem Saur Hutabarat, Ketua DPP Partai NasDem bidang Pendidikan dan Kebudayaan NasDem Amelia Anggraini dan Ketua DPP Partai NasDem bidang Ekonomi, Rachmat Gobel.

Sekolah legislatif angkatan ke 3 ini diikuti 306 Anggota DPRD tingkat I dan II dari 18 Provinsi dan 93 Kabupaten dan Kota yang terpilih pada pemilu legislatif 2019 dengan rincian Aceh 21 orang, Jawa Barat 19 orang, Bengkulu 7 orang, Jambi 22 orang, Sumatra Selatan 8 orang, Lampung 20 orang, Banten 8 orang, Jawa Tengah 31 orang, Jawa Timur 6 orang, Kalimantan Utara 2 orang, Kalimantan Selatan 7 orang, Sulawesi Selatan 35 orang, Sulawesi Barat 22 orang, Sulawesi Tengah 57 orang, Gorontalo 12 orang, Nusa Tenggara Timur 17 orang dan Nusa Tenggara Barat 4 orang.

Menurut dia, NasDem tidak hanya menghendaki jumlah keterpilihan kadernya di kursi parlemen tetapi juga memastikan seluruhnya memiliki kualitas yang baik. Pasalnya wakil rakyat asal Partai NasDem memiliki tanggung jawab yang besar khususnya dalam mengemban amanah atas kepercayaan masyarakat.


Baca juga: MUI Dorong RUU Pesantren segera Disahkan


Pada pesta demokrasi tahun ini, lanjut Nining, NasDem mendapatkan kenaikan suara paling tinggi yakni 4,2 juta suara menjadi 12,6 juta dari 8,4 juta di pemilu sebelumnya. Kemudian NasDem memiliki 59 kader di DPR RI, 186 Anggota DPRD tingkat I, 1622 Anggota DPRD tingkat II dan jumlah totalnya mencapai 1867 orang.

NasDem juga akan memiliki satu kursi di pimpinan MPR juga DPR.

"Untuk di DPRD tingkat I, NasDem mempunyai dua kursi ketua yakni di Sulawesi Tengah dan Papua dan 12 kursi wakil ketua. Untuk DPRD Kabupaten dan Kota ada 44 kursi ketua serta wakil ketua ada 124 kursi yang ditempati kader NasDem yang itu merupakan capaian luar biasa," paparnya.

Dengan demikian, kata dia, Partai NasDem menggelar pendidikan khusus bagi kadernya yang terpilih sebagai wakil rakyat masa jabatan 2019-2024 melalui sekolah legislatif. Tujuannya supaya menjadi legislator yang berkarakter dan konsisten untuk selalu memperjuangkan kepentingan rakyat.

"Lewat acara ini kita akan tanamankan lagi visi dna misi partai yang harus tetap dipegang, penguasaan tupoksi, wawasan kebangsaan, hingga pembentukan kepribadian yang berkualitas. Kita targetkan selesai di 6 angkatan. Melalui sekolah ini kita bisa meningkatkan kinerja dan sebaik-baiknya sebagai anggota dewan," pungkasnya. (Cah)

 

BERITA TERKAIT