22 September 2019, 16:50 WIB

Anthony Gagal Pertahankan Gelar di Tiongkok Terbuka 2019


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

 (Photo by STR / AFP)
  (Photo by STR / AFP)
 Anthony Sinisuka Ginting

LAGA final idaman tunggal putra tersaji di Tiongkok Center, yang mempertemukan juara bertahan Anthony Sinisuka Ginting dan Kento Momota, pada Minggu (22/9).

Hasilnya, Momota keluar sebagai pemenang setelah menaklukkan Anthony dengan tiga gim yang berlangsung ketat, 21-19, 17-21, 19-21, dengan waktu satu jam 31 menit.

Di awal laga Anthony terlihat percaya diri dan tampil meyakinkan sejak awal gim pertama. Bahkan, ia sempat unggul 7-5.

Anthony mampu mengunci keunggulan 11-10. Momota tak tinggal diam karena pebulu tangkis nomor satu dunia itu bisa menyamakan kedudukan 11-11 berkat kesalahan Anthony yang tak bisa mengembalikan bola karena mengenai net.

Momota berbalik unggul menjadi 12-11, untungnya permainan net ciamik diperlihatkan pebulu tangkis berjuluk The Giant Killer itu dan memaksakan kembali skor imbang 12-12.

Kejar-kejaran angka semakin tak terhindarkan.

Hingga akhirnya Anthony unggul 20-18, Momota masih berusaha mengejar dengan memanfaatkan kelengahan Anthony menjadi 20-19. Untungnya Anthony berhssil menutup kemenangan di gim pertama, 21-19.

Di babak kedua, Momota langsung tancap gas mampu unggul 4-6 atas Anthony. Namun, bukan Anthony namanya jika tak mengejar ketertinggalan.


Baca juga: Pengelola Gelora Bung Karno Harus Jaga Marwah Olahraga


Kecepatan dan pukulan-pukulan keras terus menggempur pertahanan Anthony. Sehingga Anthony harus mengakui keunggulan Momota di gim kedua, 17-21.

Di gim ketiga, lagi-lagi keduanya menunjukkan kualitas hebat dengan saling menggempur dan saling kejar-kejaran angka.

Tapi nahas bagi Anthony. Ketika Momota unggul 19-16, dirinya harus ditandu keluar lebih dahulu karena kesakitan pada kaki kanannya.

Setelah selesai melakukan pengobatan dengan tim medis, Anthony seakan terlahir kembali dan sanggu meladeni permainan cepat Momota.

Rally panjang dengan 28 bola pun dilperlihatkan keduanya. Rally dimenangkan Anthony sehingga ia bisa memperkecil keunggulan Momota dan menjaga asa juara. Sayangnya, Momota bisa tampil stabil dan dan sukses mengunci kemenangan di gim ketiga.

Kesalahan Anthony dalam menghalau servis Momota berbuah kemenangan manis bagi Momota, 19-21.

Pascapertandingan, keduanya nampak saling mengapresiasi permainan masing-masing dan bertukar baju di akhir laga.

Kekalahan Anthony atas Momota pun memupus impiannya untuk mempertahankan gelar di Tiongkok Terbuka. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT