21 September 2019, 05:15 WIB

Ganda Putra Genggam Tiket Final


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

Dok. PBSI
 Dok. PBSI
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke semifinal Tiongkok Terbuka 2019

INDONESIA melalui sektor ganda putra berhasil mengamankan satu tiket menuju partai puncak Tiongkok Terbuka 2019. Kepastian itu didapat setelah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertemu di semifinal yang berlangsung pada hari ini.

Kedua pasangan itu, kemarin, tanpa kesulitan mengatasi lawannya masing-masing. Marcus/Kevin yang merupakan unggulan pertama, menang  21-15 dan 21-17 dari wakil Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Sementara itu, Fajar/Rian yang jadi unggulan ketujuh, menying­kirkan unggulan keempat dari Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, dalam laga yang berakhir dengan skor 23-21 dan 22-20.

Menurut Fajar, dirinya dan Rian telah mempelajari pola permainan lawan dari pertemuan sebelumnya sehingga lebih siap dan sukses ke semifinal. Terkait pertemuan dengan Marcus/Kevin, menurutnya, itu pasti tidak mudah untuk dilalui. “Akan tetapi, setidaknya akan ada satu wakil ganda putra Indonesia di final, pokoknya kami siap saja,” kata dia.

Indonesia bisa memastikan gelar juara dari sektor ganda putra seandainya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, yang juga masuk babak empat besar, bisa tetap bermain pada Minggu (22/9). Ahsan/Hendra menyabet tiket masuk semifinal seusai menang 21-15 dan 21-12 dari unggulan kelima asal Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Hari ini, Ahsan/Hendra yang jadi unggulan kedua, harus bisa menang dari pasangan tuan rumah yang juga unggulan ketiga, yakni Li Jun Hui/Liu Yu Chen.

Selain dari ganda putra, peluang untuk melaju ke babak terakhir juga datang dari Anthony Sinisuka Ginting yang turun di sektor tunggal putra. Anthony yang jadi juara bertahan melaju ke semifinal dengan mengalahkan Sai Praneeth, pemain asal India, dengan skor 16-21, 21-6, dan 21-16. Di semifinal, Anthony akan bertemu dengan Anders Antonsen, pemain dari Denmark.


Gagal masuk semifinal

Perjuangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow harus berhenti setelah kalah 22-24 dan 17-21 dari pasangan ganda campuran asal Tiongkok, Wang Yilyu/Huang Dongping. Kekalahan itu membuat Indonesia kini tidak lagi memiliki wakil di sektor ganda campuran.

Perubahan pola bermain jadi salah satu penyebab mengapa mereka tumbang di tangan Yilyu/Dongping yang merupakan unggulan kedua.

Senasib dengan Tontowi/Winny, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang turun di nomor ganda putri tersingkir karena tidak bisa menang dari wakil Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. (BadmintonIndonesia/R-3)

BERITA TERKAIT