19 September 2019, 13:18 WIB

Buya Syafii Minta Jokowi jangan Pilih Menteri yang Bikin Kacau


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

ANGGOTA Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Syafii Maarif atau biasa disapa Buya Syafii bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tertutup itu, dia mengaku membicarakan struktur kabinet pemerintahan Jokowi di periode kedua nanti.

Usai pertemuan, Buya Syafii memberi masukan ke Presiden untuk memilih menteri-menteri berkualitas. Menurutnya, komposisi kabinet bisa saja dari profesional ataupun partai politik. Asalkan, memiliki integritas.

"Presiden tahu, ada persoalan integritas, kompetensi dan profesionalisme. Boleh partai, nggak apa-apa. Tapi yang setia kepada presiden, jangan yang bikin kacau," jelas Buya Syafii di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/9).

Baca juga: Ini Pesan Syafii Maarif soal Kabinet Jokowi-Amin

Beberapa waktu lalu, Buya Syafii juga pernah berbicara ihwal kabinet Jokowi di periode kedua. Menurutnya, pembentukan kabinet juga harus ada perimbangan antara Jawa dan luar Jawa, partai politik, gender dan lainnya. Dia pun meminta Joko Widodo membentuk kabinet yang betul-betul mau memperbaiki negara ini, yaitu melawan korupsi serta narkoba.(OL-5)

BERITA TERKAIT