18 September 2019, 21:55 WIB

Satu Juta Wisman Ditargetkan Kunjungi Borobudur Tahun Depan


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Candi Borobudur

CANDI Borobudur diyakini Menteri Pariwisata, Arief Yahya, masih memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisatawan mancanegara. Oleh sebab itu, Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan wisman ke Candi Borobudur pada 2020 minimal satu juta orang.

"Proyeksi kita tahun depan itu sudah satu juta wisatawan yang datang ke Borobudur," jelas Menpar Arief Yahya saat membuka diskusi kelompok terarah (FGD) 'Satu Juta Wisatawan Mancanegara ke Destinasi Super Prioritas Bobobudur melalui Pengambangan Aksesibilitas Bandara Yogyakarta International Airport', di Terminal Penumpang Bandara YIA, Rabu (18/9).

Kehadiran Bandara YIA dengan berbagai fasilitas yang dimiliki diharapkan semakin memudahkan Wisman ke Borobudur. Alokasi dana untuk infrastruktur fisik pendukung dan anggaran lain masing-masing mencapai Rp2,1 triliun dan Rp3 triliun.

"Utilitas dan infrastruktur ini (di Bandara YIA) telah disiapkan untuk mendongkrak kunjungan wisata," jelasnya.

Selama ini, wisman yang datang lewat Bandara Adisutjipto hanya sekitar 138.600 setahun. Arief pun optimistis peningkatan tujuh kali lipat pada 2020 bisa tercapai.


Baca juga: Pemerintah Pastikan tidak Ada Deforestasi di Papua


Promo dengan branding Borobudur terus digencarkan. Maskapai penerbangan juga akan diberikan insentif.

Dengan kapasitas Bandara YIA sebesar 20 juta penumpang setahun, banyak penerbangan asing bisa ditampung. Pesawat berbadan besar seperti Boeing 777 atau Airbus 380 juga bisa mendarat mulus di YIA.

Ia juga menargetkan lama tinggal di Borobudur dan DIY bertambah dari 1-2 hari menjadi 8 hari, seperti rata-rata nasional.

"Harus ditambah dengan atraksi, agar long of stay-nya bisa meningkat," papar dia.

Sementara Direktur PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, menambahkan, Bandara Adisutjipto Yogyakarta kapasitasnya hanya 1,8 juta penumpang per tahun, sedangkan Bandara YIA bisa mencapai 20 juta penumpang per tahun.

"YIA ini menjadi kunci. Bandara ini setara dengan bandara internasional dengan panjang runway 3.250 meter," pungkas Faik. (OL-1)

BERITA TERKAIT