18 September 2019, 21:15 WIB

Peringkat THE: UI Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Universitas Indonesia

LEMBAGA pemeringkatan perguruan tinggi dunia, Times Higher Education (THE), kembali merilis daftar World University Rankings (WUR) atau Peringkat Universitas Dunia 2020 melalui laman resminya.

Dalam daftar tersebut, Universitas Indonesia (UI) tetap bertahan dalam kelompok peringkat 601-800 dunia, dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. UI menjadi satu-satunya PT dari Indonesia yang masuk ke dalam grup ini. Sebanyak 1.400 PT di 92 negara di dunia masuk ke dalam pemeringkatan THE WUR 2020.

Ini merupakan tahun keempat negara Indonesia masuk ke dalam pemeringkatan THE. Lembaga pemeringkatan ini secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar), penelitian, transfer dan sharing keilmuan, serta cakupan internasional sebuah universitas.

Dalam rilis yang diterima redaksi, UI memperoleh total skor 28,3-35,2 dengan capaian per indikator yaitu performa pengajaran dengan skor 38,7, penelitian 19,2, performa kutipan 16,7, sinergi dunia industri 81,6, dan cakupan internasionalisasi 53,7.


Baca juga: Kemenkes Ungkap Kandungan Berbahaya Vape


Rektor UI, Muhammad Anis, menuturkan, saat ini performa UI semakin meningkat, tampak dari penilaian lembaga pemeringkatan bergengsi dunia THE, khususnya pada indiktor sinergi dunia industri. THE menggunakan indikator ini untuk menilai kemampuan universitas dalam mendukung industri melalui terobosan inovasi, penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat.

"UI berfokus agar dapat menjadi think tank serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat," tutur Anis di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (18/9).

Anis menambahkan, pencapaian ini bukan milik UI semata, melainkan juga prestasi bangsa bahwa pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui dunia.

Sebagai lokomotif perguruan tinggi di Indonesia, lanjut Anis, UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang mampu berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional di tingkat global, mempromosikan inovasi dan kewirausahaan serta mengatasi tantangan sosial. (RO/OL-1)

 

BERITA TERKAIT