18 September 2019, 20:10 WIB

10 Penerbangan dari Jogja Tujuan Samarinda-Palangkaraya Dialihkan


Agus Utantoro | Nusantara

Dok. MI
 Dok. MI
Bandara terpapar kabut asap

TERCATAT sebanyak 10 penerbangan dari Yogyakarta, baik dari Bandara Internasional Adisutjipto maupun dari Bandara Internasional Yogyakarta tujuan Samarinda dan Palangkaraya dialihkan. Pengalihan ini dilakukan karena bandara di kedua kota tersebut terhalang kabut asap.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, di Yogyakarta, Rabu (18/9), mengatakan, sejak Sabtu (14/9) lalu sudah ada sejumlah maskapai yang sementara tidak melayani tujuan kedua kota tersebut karena adanya kabut asap yang mengganggu jarak pandang.

"Dari Palangkaraya dan Samarinda rute Yogyakarta baik ke Bandara Internasional Adisutjipto maupun ke Bandara Internasional Yogyakarta juga sudah menghentikan operasinya," katanya.


Baca juga: Karhutla Riau mulai Dekati Permukiman Penduduk


Maskapai dari dua bandara di Yogyakarta yang melayani rute Samarinda dan Palangkaraya adalah Lion Air, Express Air, dan Nam Air.

"Dari Adisutjipto ada enam penerbangan dan dari Bandara Internasional Yogyakarta ada empat penerbangan," katanya.

Dikatakan, rute Samarinda ada yang dialihkan ke Balikpapan yang relatif tidak terganggu kabut asap. Ia menambahkan, daerah tersebut dipilih karena Samarinda dan Balikpapan dapat ditempuh dengan perjalanan darat.

"Kami berharap pengguna jasa penerbangan dapat memahami kondisi ini dan berharap pula akan segera berakhir," katanya. (OL-1)

BERITA TERKAIT