18 September 2019, 15:07 WIB

320 Peserta Ikuti Pelatihan Safety Riding dari BPJS TK


mediaindonesia.com | Ekonomi

BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) bekerja sama dengan pihak Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) adakan kegiatan pelatihan safety riding kepada 320 peserta dari berbagai perusahaan binaan di jajaran Kantor BPJS TK Wilayah DKI Jakarta di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta, Rabu (18/9) .

Pelatihan safety riding dengan tema 'Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Melalui Budaya Disiplin Berkendara Sebagai Kebutuhan di Lingkungan Perusahaan' ini merupakan bentuk komitmen BPJS TK membantu perusahaan dalam melaksanakan kegiatan promotif dan preventif guna mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (KK-PAK).

Dalam sambutannnya, Asisten Deputi Bidang Kebijakan dan Operasional Program BPJS TK, dr. Suci Rahmad yang mewakili Direktur Pelayanan BPJS TK Krishna Syarif, menyampaikan sesuai misi BPJS TK yaitu melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya.

Dokter Suci Rahmad menegaskan bahwa penyelenggaraan program jaminan kecelakaan kerja tidak hanya pelayanan terhadap pengobatan penyakit akibat kerja.

"Tapi BPJS TK juga berkolaborasi dengan perusahaan/pemberi kerja untuk menyelenggarakan program promotif preventif dalam rangka mengurangi tingkat kecelakaan kerja di mana dalam tiga tahun terakhir rata-rata kecelakaan kerja di lalu lintas itu mencapai 1.000 orang atau lebih dan tahun 2018 mencapai 1.200 orang," papar Suci.

Lebih lanjut dr. Suci menjelaskan sesuai amanat PP Nomor 44 tahun 2015 dan Permenaker Nomor 10 Tahun 2016 maka mulai tahun 2019, BPJS TK  menyelenggarakan program promotif preventif dengan empat kegiatan di antaranya pelatihan safety riding, seminar nasional, pemberian bantuan helmnisasi bagi pekerja dan yang terakhir pembagian poster bagi pemberi kerja.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Bidang Pelayanan BJPS TK Wilayah DKI Jakarta dr. Merry Triwisatawati yang mewakili Deputi Direktur BPJS TK Wilayah DKI Jakarta Achmad Hafiz, menjelaskan, pelatihan safety riding yang dilaksanakan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan program promotif dan preventif BPJS TK tahun 2019.

Kegiatan promotif dan preventif tahun 2019 ini juga sudah BPJS TK selenggarakan sebelumnya berupa pembagian secara gratis alat pelindung diri (helm motor). Tak hanya itu, BPJS TK juga melakukan kampanye keselamatan berlalu lintas kepada pekerja di Plaza Senayan GBK, pada 28 Agustus 2019 yang lalu.

Ipda Wahyu Martono, Kanit III Walsus Subditwal dan PJR Korlantas Polri selaku Instruktur pelatihan safety riding menjelaskan secara rinci kepada peserta yang hadir bagaimana berkendara secara aman dengan memperhatikan kelengkapan standar berkendara yakni memakai helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan jas hujan selain wajib memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Abdilah, salah satu peserta pelatihan safety riding mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak BPJS TK selaku penyelenggara acara dan pihak Korlantas Polri.

"Kita sudah diberikan sosialisasi mengenai program BPJS Ketenagakerjaan dan dibekali ilmu bagaimana cara berkendara yang baik dan benar agar tidak membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain," ujar Abduilah.

Sekedar informasi jumlah santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang sudah dibayarkan BPJS TK Kanwil DKI Jakarta sampai dengan periode bulan Agustus 2019 ini sebesar Rp.157.920.278.918  dengan jumlah 8.520 transaksi. (OL-09)

BERITA TERKAIT