18 September 2019, 15:45 WIB

Valverde Puji Penampilan Apik Ter Stegen Kontra Dortmund


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

AFP/SASCHA SCHUERMANN
 AFP/SASCHA SCHUERMANN
Marc Andre Ter Stegen

PELATIH Barcelona Ernesto Valverde menyebut kiper andalan El Barca Marc Andre Ter Stegen ialah pemain fundamental dalam timnya.

Sang kiper dinilai sanggup menunjukkan peran besar dalam matchday pertama Grup F di Liga Champions melawan Borussia Dortmund yang berakhir imbang 0-0 di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (18/9) dini hari WIB.

Valverde pun mengaku timnya berhutang budi pada aksi heroic Ter Stegen, yang sanggup menahan gempuran luar biasa dari lini serang Dortmund yang digalang Marco Reus di sepanjang pertandingan.

Gempuran demi gempuran dilakukan Dortmund sejak menit awal babak berlangsung. Pada menit ke-25, Dortmund nyaris membobol gawang Barca.

Reus yang lolos dari kawalan, melepaskan sepakan kaki kiri meneruskan umpan terobosan Thorgan Hazard. Untungnya, Ter Stegen dengan sigap menghalau bola menggunakan kakinya.

Baca juga: Reus Gagal Penalti, Dortmund dan Barcelona Imbang Tanpa Gol

Klimaksnya, saat Dortmund mendapat hadiah penalti di menit ke 55 usai Nelson Semedo dianggap melanggar Jadon Sancho di kotak terlarang.

Reus sebagai eksekutor tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya ke arah kiri gawang mampu dibaca oleh kiper asal Jerman itu.

“Dortmund membuat pertandingan rumit bagi kami, tetapi untungnya Ter Stegen tampil bagus. Kita harus berterima kasih kepada Ter Stegen atas penyelamatannya yang luar biasa. Kami memiliki penjaga gawang yang hebat dan kami mendapat banyak manfaat darinya,” ujar Valverde, dilansir dari BT Sport.

Valverde pun mengakui Dortmund punya serangan balik hebat dan cepat, sehingga berhasil membuat timnya menderita di Signal Iduna Park.

“Melawan Dortmund adalah pertandingan yang sulit. Kami harus banyak menderita, terutama setelah jeda ketika kami kehilangan kendali dan mereka sangat berbahaya, ” ujar Valverde.

Pada pertandingan kali ini, Valverde juga memberi pemain mudanya, Ansu Fati sebagai starter dan mencadangkan Lionel Messi.

Fati pun memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang turun di Liga Champions untuk Barcelona dengan usia 16 tahun 321 hari.

Rekor sebelumnya dipegang Bojan Krkic yang berusia 17 tahun 22 hari saat Barcelona bertemu dengan Olympique Lyon, pada 2007 silam.

Selanjutnya, Barcelona akan menjamu Inter Milan pada 2 Oktober mendatang dalam lanjutan laga Grup F di Liga Champions.

Lawan Inter, tentu menjadi tantangan berat bagi Barcelona yang baru mengemas dua kemenangan dari lima pertandingan terakhirnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT