18 September 2019, 07:26 WIB

Haaland, Pencetak Hattrick Termuda Ketiga di Liga Champions


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/KRUGFOTO/APA
 AFP/KRUGFOTO/APA
Penyerang Salzburg Erling Braut Haaland

STRIKER Salzburg Erling Braut Haaland menjadi pemain termuda ketiga yang berhasil mencetak hattrick di Liga Champions saat klub jawara Austria itu membukukan kemenangan telak 6-2 atas Genk, Rabu (18/9) dini hari WIB.

Hattrick dalam laga melawan Genk itu membuat striker berusia 19 tahun itu kini telah mencetak 17 gol dalam sembilan laga untuk Salzburg pada musim ini.

Hanya striker legendaris Real Madrid Raul (18 tahun dan 113 hari) serta mantan penyerang Manchester United Wayne Rooney (18 tahun dan 340 hari) yang sukses mencetak hattrick di Liga Champions di usia lebih muda ketimbang Haaland (19 tahun dan 58 hari).

Haaland juga menjadi pemain pertama yang mencetak lebih dari satu gol di laga debutnya di Liga Champions setelah Rooney mencetak hattrick dalam laga melawan Fenerbahce pada 2004.

Baca juga: Liverpool Menyerah di Markas Napoli

Haaland pun bertekad membawa Salzburg berbicara banyak di Liga Champions, mengacu pada keberhasilan Ajax mencapai semifinal pada musim lalu.

"Segalanya mungkin. Kami melihat apa yang dilakukan Ajax pada musim lalu. Akan menyenangkan jika kami bisa menjadi Ajax yang baru," ujar Haaland kepada uefa.com.

"Namun, kami tahu banyak tim apik di Liga Champions. Meski sulit, segalanya masih mungkin," imbuhnya.

Laga melawan Genk adalah laga perdana Salzburg di babak penyisihan grup Liga Champions sejak mereka menyerah 1-0 dari AC Milan kala masih bernama Casino Salzburg pada Desember 1994.

"Haaland adalah pemain yang hebat. Namun, yang lebih penting bagi saya, dia adalah seorang pria muda yang luar biasa," ujar pelatih Salzburg Jesse Marsch.

"Dia datang latihan setiap hari dan bekerja keras. Kami beruntung memilikinya. Jika dia terus fit, dia pasti akan lebih hebat lagi," tambah pelatih asal Amerika Serikat itu.

Haaland yang merupakan putra mantan pemain Leeds United dan Manchester City Alf-Inge Haaland, telah tampil membela timnas senior Norwegia. Dia mencetak sembilan gol di laga Piala Dunia U-20 melawan Honduras, Mei lalu.

Kemenangan telak Salzburg atas Genk menempatkan klub Austria itu di puncak klasemen Grup E, unggul selisih gol atas Napoli yang menang 2-0 atas Liverpool. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT