16 September 2019, 11:46 WIB

Belum Ada BUMN yang Ajukan Izin Impor Daging Sapi dari Brasil


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MI/Susanto
 MI/Susanto
Guna memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri, pemerintah memutuskan untuk mengimpor sapi dari Brasil

KEMENTERIAN Perdagangan mengungkapkan hingga saat ini belum ada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengajukan izin impor daging sapi asal Brasil.

Sebagaimana diketahui, tiga BUMN yang bergerak di sektor pangan yakni Perum Bulog, PT Berdikari, dan PT PPI mendapat penugasan untuk mendatangkan daging sapi dari ‘Negeri Samba’ sebanyak 50 ribu ton sejak Agustus silam. Penugasan tersebut dimaksudkan untuk menambah pasokan guna memenuhi kebutuhan daging dalam negeri.

“Tapi sampai sekarang belum ada izin impor daging sapi yang kami terbitkan karena perusahaan-perusahaan yang ditugasi belum ada yang mengajukan izin,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana di kantornya, Jakarta, Senin (16/9).

Wisnu menduga mungkin tiga perusahaan tersebut tengah mengurus persyaratan rekomendasi dari Kementerian Pertanian yang lebih dulu harus diselesaikan.

Mereka juga harus memastikan produk-produk yang didatangkan dari negara asal memiliki kualitas baik, bersertifikasi halal dan terbebas dari berbagai penyakit hewan.

Wisnu mengatakan pihaknya tidak memberi tenggat waktu bagi ketiga BUMN tersebut untuk mengajukan perizinan. Namun, yang pasti, sesuai keputusan Rapat Koordinasi Terbatas di Kementerian Perekonomian, penugasan impor daging sapi Brasil harus dilaksanakan sebelum pergantian tahun.

“Penugasan ini untuk keperluan tahun ini. Kalau mereka tidak kunjung merealisasi penugasan ini ya kita bahas lagi nanti di Rakortas,” tuturnya. (A-2)

BERITA TERKAIT