15 September 2019, 06:00 WIB

Raline Shah: Diminta Habibie Tetap Membaca Buku


Indriyani Astuti | Weekend

 Alberto E. Rodriguez/Getty Images/AFP
  Alberto E. Rodriguez/Getty Images/AFP
Raline Shah

AKTRIS Raline Shah, 34, termasuk di antara sederet pesohor yang berduka atas kepergian mendiang Prof Dr Ing Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng, Presiden ke-3 Republik Indonesia, Rabu (11/9) lalu. Sebuah foto diri menjadi pelipur laranya saat mengenang sosok genius kedirgantaraan multitalenta yang dipanggilnya dengan sebutan ‘eyang’ itu.

Dalam foto itu, Raline membagikan momen istimewanya saat bertemu Habibie bersama aktris yang juga sahabatnya, Millane Fernandez. Kedua dara cantik itu mengapit Habibie dalam sebuah acara. Millane merupakan pemeran Sofia dalam film Rudy Habibie (2016), prekuel dari film Habibie & Ainun (2012) yang diangkat dari novel semibiografi Habibie.

“Eyang Habibie. Semoga diterima amal baik dan ibadahnya di sisi Allah SWT. You will continue to inspire and be greatly missed,” cuit Raline di akun Instagram-nya, Kamis (12/9).

Pemeran Fatma dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa itu bersedih karena di hari sang presiden wafat, ia sedang dalam perjalanan pulang dari Amerika Serikat. “Kaget karena baru pulang dari Los Angeles dan tidak dengar kabar beliau, tidak tahu ceritanya dia sakit,” kata Raline ketika ditemui dalam sebuah kesempatan di Jakarta, Kamis (12/9).

Lebih lanjut, perempuan berdarah Melayu itu mengatakan selalu teringat dengan pesan-pesan menginspirasi yang pernah terucap dari mulut Bapak Teknologi Indonesia dan Bapak Demokrasi Indonesia itu.

Dari sekian momen bersama Habibie, ada satu momen yang begitu diingat Raline. Peristiwa itu terjadi saat dirinya kebetulan berada dalam satu rumah produksi yang pernah menggarap film kisah nyata percintaan sang presiden dan istri tercintanya, Ainun Hasri Habibie.

“Saat main film Surga yang tak Dirindukan (2015), saya bertukar pikiran dengan beliau. Beliau memang sosok yang sangat inspiratif dan down to earth (rendah hati),” tuturnya.

Dalam film itu, ia berperan sebagai Meirose. Saat berdiskusi itulah, anak pertama dari tiga bersaudara ini pun mendapat pesan khusus dari Habibie.

“Dia (Habibie) selalu bilang ‘Raline kamu harus teruskan hobi kamu membaca itu’,” sebut Raline yang didapuk sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terpuji di Festival Film Bandung 2015 karena perannya di film itu.

Saat mendengar itu, Raline terkejut karena Habibie rupanya memperhatikan kebiasaannya membaca buku. “Karena di mana-mana aku suka baca, ya. Sempat ke Yogya bareng juga waktu Habibie-Ainun,” tutur pemain film 5 Cm (2012) ini.

Raline pun bersyukur bisa mengenal presiden yang dijuluki ‘Mr Crack’ itu. Inspirasi kehidupan juga didapat Raline dengan kesetiaan dan kekuatan cinta Habibie pada istrinya, Ainun. “Kita harus belajar bahwa pasangan yang setia bisa menjadikan seseorang yang hebat,” katanya.
Mendunia

Tak hanya di Indonesia, popularitas Raline Shah ternyata mendunia. Puteri Terfavorit di ajang Puteri Indonesia 2008 itu saat ini dinominasikan sebagai Wanita Asia Paling Menginspirasi dalam ajang bergengsi E! People’s Choice Awards 2019.

Dalam kategori itu, Raline bersaing dengan nama-nama besar di Asia, seperti CL, Yuna, Chutimon Chuengcharoensukying, Alia Bhatt, Zhou Dongyu, Jung Yu-mi, dan Praya Lundberg. Raline ialah wakil Indonesia satu-satunya.

Pertama kali dikabari melalui e-mail bahwa berhasil masuk menjadi salah satu nomine, Raline Shah mengaku sangat kaget. Penentuan pemenang sendiri berdasarkan hasil voting. “Setelah proses voting, seminggu ini ke depan bakal ada pengumuman siapa yang menang,” jelas putri dari pasangan Rahmat Shah dan Roseline itu. (H-2)

BERITA TERKAIT