13 September 2019, 14:00 WIB

Forki Targetkan Tiga Emas SEA Games 2019


Despian Nurhidayat | Olahraga

ANTARA/Hafidz Mubarak A
 ANTARA/Hafidz Mubarak A
Sejumlah karateka Indonesia mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Wisma Serbaguna Gelora Bung Karno, Senayan.

FEDERASI Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) optimistis dapat mengejar target tiga medali emas dalam gelaran SEA Games 2019 November mendatang.

Hal itu berkaca dari torehan Asian Games 2018, saat cabang olahraga karate dapat menyumbang satu medali emas dan dua medali perunggu.

Ketua Umum PB Forki Hadi Tjahjanto mengatakan karateka Indonesia berkali-kali sukses di ajang internasional. Maka dari itu, di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima TNI ke-VII 2019, Hadi memiliki perencanaan matang untuk kegiatan mendatang.

"Para karateka kita sudah membuktikan raihan prestasi di ajang internasional. Seperti pada ajang Asian Games, cabor karate berhasil menyumbangkan satu emas dan tiga perunggu. Untuk itu, setelah Kejurnas karate ini, kita memang memiliki beberapa kegiatan berikutnya," ungkapnya saat ditemui di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jumat (13/9).

Dalam Kejurnas karate ini, terdapat beberapa kelompok dan kategori yang akan menjadi perencanaan selanjutnya bagi PB Forki.

Baca juga: Kejurnas Karate Piala Panglima TNI Diikuti 1.066 Atlet

Hadi mengatakan dia sudah memiliki program bagi para pemenang di sektor junior dan senior Kejurnas ini.

"Untuk junior, pemenangnya akan kita lanjutkan untuk mengikuti kejuaraan internasional di Cile. Untuk senior, kita akan memikirkan mereka buat berangkat ke SEA Games," lanjutnya.

Hadi juga mengharapkan, di ajang SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Filipina nanti, cabor karate dapat meraih tiga emas dari 15 nomor yang akan dipertandingkan.

Dia pun mengatakan Kejurnas ini bisa menjadi penyemangat untuk mewujudkan hal itu.

"Harapan kita, paling tidak bisa dapat tiga emas, semoga bisa lebih. Karate kan ada 15 nomor dan minimal dapet tiga emaslah. Yang jelas kita punya semangat yang sama. Asian Games saja dapet 1 emas, SEA Games ya harus bisa mempertahankan tiga emas. Sehingga nantinya kegiatan ini bisa menjadi pacuan. Selain itu, semoga di Cile juga semoga bisa dapet medali emas yang banyak," tutup Hadi. (OL-2)

BERITA TERKAIT