13 September 2019, 13:45 WIB

Timnas U-16 Matangkan Persiapan Jelang Lawan Filipina


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

ANTARA/Hafidz Mubarak A
 ANTARA/Hafidz Mubarak A
Pemain Timnas U-16 mengikuti latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta

TIMNAS U-16 menggelar latihan dengan pemantapan koordinasi antarpemain di Lapangan ABC, Senayan Jakarta, Jumat (13/9) pagi.

Dipimpin pelatih Bima Sakti, 23 pemain yang terpilih dalam skuat kualifikasi Piala Asia U-16 itu terlihat antusias mengikuti instruksi.

Pada latihan pagi ini, Bima Sakti juga memberikan porsi latihan penguasaan bola, penerapan berbagai pola penyerangan, serta strategi bertahan. Hal ITU dilakukan guna persiapan melakoni laga perdana kualifikasi Piala Asia U-16 melawan Filipina pada Senin (16/1) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Bima mengaku tidak kesulitan dalam melatih koordinasi antarpemain, karena beberapa pemain merupakan alumni skuat pada gelaran AFF U-15 2019 lalu.

Dari 23 pemain terdapat 13 pemain yang menghunI skuat Piala AFF U-15 2019 di Bangkok, Thailand.

Baca juga: Nasib McMenemy di Ujung Tanduk

Pada barisan depan ada Muhammad Valeron dan Wahyu Agung Drajat. Pada barisan tengah dihuni Resa Aditya Nugraha, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto, Diandra Diaz, Aditya Daffa Al Haqi. Lalu, pada barisan belakang, yakni Marcell Januar Putra, Kadek Arel Priyatna, M Aditya Rangga, dan Alfin Farhan Lestaluhu. Lalu, pada posisi kiper tetap dihuni I Made Putra Kaicen dan Ahmad Rivai.

Bima mengaku pada turnamen kali ini dirinya juga menambah beberapa pemain menyerang untuk menambah opsi bagi lini serangan. Namun, ia mengatakan penyerang dan sayap yang ia butuhkan mampu ikut membantu pertahanan.

"Kita juga sengaja memilih pemain-pemain yang berposisi sayap, penyerang dan mereka juga bukan hanya posisi sayap dan depan saja, bisa juga di full back, mereka juga bisa banyak di posisi," kata Bima, ketika ditemui di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9).

Bima berharap anak asuhnya dapat tampil maksimal, terlebih mendapat dukungan dari publik sendiri diharapkan menjadi motivasi lebih untuk meraih kemenangan.

"Yang pasti, kita sebagai tuan rumah ingin selalu memenangkan pertandingan," kata Bima.

Indonesia bertindak sebagai tuan rumah di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Indonesia tergabung satu grup bersama Tiongkok, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepulauan Mariana.

Setelah melawan Filipina, Garuda Muda akan melawan Kepulauan Mariana pada Rabu (18/9). Kemudian, melawan Brunei Jumat (20/9). Terakhir, akan melawan Tiongkok pada Minggu (22/9). (OL-2)

BERITA TERKAIT