13 September 2019, 08:08 WIB

DPR Optimistis Pimpinan yang Baru akan Perkuat KPK


Faisal Abdalla | Politik dan Hukum

ANTARA/Nova Wahyudi
 ANTARA/Nova Wahyudi
Salah satu pimpinan KPK terpilih Firli Bahuri

KOMISI III DPR telah menetapkan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih. DPR yakin kelima nama ini merupakan calon-calon terbaik.

"Ini yang terbaik yang kami pandang dari 10 nama yang masuk ke Komisi III," kata anggota Komisi III Erma Suryani Ranik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9).

Erma menyebut setiap fraksi di DPR punya pandangan berbeda-beda terhadap capim KPK. Dia menganggap perbedaan pandangan itu merupakan hal biasa dalam demokrasi.

Namun, dia menegaskan semua fraksi sudah sepakat terhadap lima calon terpilih tersebut. DPR percaya lima capim terpilih itu akan bekerja serius untuk memperkuat KPK.

Baca juga: Firli Bahuri Dipilih DPR Jadi Ketua KPK 2019-2023

"Kita bekerja untuk Indonesia. Kita yakin lima orang ini punya komitmen yang sama," ujarnya.

DPR telah memilih lima pimpinan KPK terpilih. Lima pimpinan itu dipilih melalui mekanisme voting.

Pemungutan suara itu diikuti 56 anggota Komisi III. Mekanismenya, setiap anggota Komisi III diberikan kertas suara untuk memilih lima dari 10 capim. Suara anggota yang memilih lebih dari lima nama akan dianggap tidak sah.

Lima nama yang terpilih adalah Alexander Marwata, Irjen Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Gufron. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT