13 September 2019, 08:45 WIB

Craft Mulai Bekerja jadi Duta Besar AS untuk PBB


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Spencer Platt/Getty Images
 AFP/Spencer Platt/Getty Images
Duta Besar AS untuk PBB Kelly Craft

DUTA Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Kelly Craft, Kamis (12/9),  mulai bekerja. Craft berjanji akan membela nilai dan kepentingan AS sembilan bulan pascamundurnya Nikki Haley.

Perempuan berusia 57 tahun itu sebelumnya menjabat sebagai Dubes AS untuk Kanada. Kala itu, dia terlibat dalam negosiasi kesepakatan perdagangan bebas AS-Kanada.

Craft menolak berbicara dengan wartawan saat tiba di hari pertamanya di markas besar PBB. Dia langsung bergerak menuju lantai 38, kantor Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Namun, dia kemudian memberikan keterangan pendek tanpa menerima pertanyaan dari wartawan, selepas ambil bagian dalam voting untuk resolusi PBB tentang Libia, Republik Afrika Tengah, dan Kolombia.

"Saya akan membela nilai dan kepentingan AS. Saya akan membela teman dan sekutu kami. Saya akan membela kaum lemah dan miskin. Saya juga siap bekerja sama dengan mereka yang jujur membela harkat dan martabat manusia," tegasnya.

Baca juga: Washington Tunda Peningkatan Tarif untuk Produk Tiongkok

Sebelumnya, Haley sukses menjadi corong kebijakan luar negeri Presiden Donald Trump di PBB.

Pascapengunduran dirinya, posisi Haley diisi oleh wakilnya Jonathan Cohen.

Craft adalah istri CEO perusahaan batubara Joe Craft, penyumbang besar untuk kampanye Trump saat pemilu 2016.

Dalam sidang konfirmasi di Senat, Juni lalu, Craft berjanji tidak akan menghalangi diplomasi iklim serta akan menarik diri saat PBB membahas soal batubara.

Majelis Umum PBB akan menggelar KTT perubahan iklim pada 23 September mendatang. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT