12 September 2019, 22:20 WIB

Asuransi Ganti Kerugian Sawah Puso


MI | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Padi Puso

PETANI di Kabupaten Lamong-an, Jawa Timur, masih bisa tersenyum. Meski lahan seluas 600 hektare telah gagal panen, mereka masih bisa berlega hati karena klaim asuransi sudah cair, kemarin.

"Total dana dari Asuransi Usaha Tani Padi yang sudah cair mencapai Rp3,6 miliar. Petani yang tahun ini gagal panen masih punya harapan karena mendapat modal untuk membeli bibit dan pupuk," kata Bupati Fadeli, kemarin.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Rudjito menambahkan, lahan pertanian yang diasu-ransikan di Lamongan mencapai 80 ribu hektare. Tahun ini, sebanyak 600 hektare di antaranya mengalami puso. Dari setiap hektare lahan puso, asuransi mengeluarkan klaim sebesar Rp6 juta.

Tahun ini, lahan pertanian terancam gagal panen di Bangka Belitung mencapai 450 hektare. Petani juga tidak khawatir karena seluruh lahan itu sudah diasuransikan.

"Sampai sekarang lahan pertanian yang sudah diasu-ransikan petani secara mandiri mencapai 2.400 hektare. Pemerintah juga memberikan kuota asuransi gratis untuk 5.000 hektare dari APBN dan 3.500 dari APBD. Jumlah itu masih sangat kecil karena total lahan pertanian mencapai 35 ribu hektare," ungkap Kepala Dinas Pertanian Juaidi.

Kekeringan yang terus me-luas dan parah membuat kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah semakin berat. Truk-truk tangki pun harus bolak-balik dari sumber air bersih ke wilayah-wilayah yang mengalami krisis.

Di Banyumas, Jawa Tengah, BPBD bisa berlega hati karena segera mendapat kucuran dana APBD untuk melanjutkan distribusi air bersih.

"Pada APBD 2019, ada alokasi anggaran untuk 1.000 tangki, dan sudah terpakai 982 tangki. Beruntung APBD perubahan sudah diketuk, dan kami mendapat tambahan 1.500 tangki," ujar Kepala Plh BPBD Ariono Poerwanto.

Distribusi air bersih juga dilakukan BPBD Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, ke wilayah perbukitan Prambanan. "Kekeringan mulai dialami warga Prambanan sehingga mereka membutuhkan pasokan air bersih," jelas Kabid Kedaruratan Makwan.

Di Kabupaten Gunungkidul, bantuan air bersih dipasok Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk warga di tujuh dusun. "Kami juga akan membantu Kabupaten Bantul," ungkap Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah DIY Tri Rahayu.

Kondisi kritis yang dialami warga di 32 kelurahan pada 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, membuat Wakil Wali Kota Muhamad Yusuf meminta BPBD terus bekerja keras. "Distribusikan terus air bersih. Jangan sampai warga harus menggunakan air kotor," tandasnya. (YK/RF/LD/AU/AD/PO/PT/FB/BB/BK/N-2)

BERITA TERKAIT