12 September 2019, 19:45 WIB

Dana Cekak, Renang Tetap Patok Target Empat Emas di SEAG


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

ANTARA
 ANTARA
Persiapan atlet renang jelang  SEA Games (SEAG) 2019 Filipina

MESKI terlambat memulai pelatnas, Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), kini tengah berpacu dengan waktu agar bisa berbicara banyak di ajang SEA Games (SEAG) 2019 Filipina, 30 November-11 Desember.

Soalnya, Triady Fauzi dkk baru intens berlatih sejak pertengahan Juni silam. Molornya pelatnas disebabkan dana pelatnas yang terlambat cair. Dari anggaran Rp50 miliar yang diajukan PRSI, hanya kurang dari sepertiganya atau hanya Rp9 miliar yang disetujui Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Risiko ngaretnya anggaran yang masuk cukup terasa bagi PRSI. Wakil Ketua Umum PRSI, Harlin E Rahardjo, pun terpaksa tak mengirim polo air putri ke SEAG karena anggaran tak cukup.

Selain soal anggaran, Harlin pun berdalih tim polo air putri memiliki kans cukup sulit untuk meraih medali di Filipina.

"Tahun ini adalah tahun yang berat buat kita. PRSI juga sempat nombokin untuk memberangkatkan atlet," ujar Harlin kepada Media Indonesia di Jakarta, Kamis (12/9).

Perihal progres pelatnas, Harlin mengaku tim pelatnas renang tengah fokus berlatih di Bali bersama pelatih David Armandoni.


Baca juga: Audisi Umum Djarum Punya Andil Besar untuk PBSI


Namun, Harlin menggarisbawahi jika perenang yang ada di pelatnas masih berkemungkinan untuk digeser dan digantikan atlet non-pelatnas.

PRSI akan melakukan seleksi tahap akhir itu melalui Jakarta Open 2019 pada Oktober mendatang.

"Skuat pelatnas terakhir pun jika turun performanya bisa digeser. Namun, di atas kertas tim pelatnas saya kira bisa lolos semua," ujarnya.

Terkait target yang diincar PRSI, Harlin mengaku tak muluk-muluk. Mengingat, persiapan yang dirasa kurang.

Namun, Harlin menargetkan para perenang terbaik Indonesia yang nantinya berlaga di SEAG itu bisa memberikan minimal empat medali emas seperti saat SEAG 2017 di Malaysia.

"Kami berharap bisa menyamai prestasi dua tahun lalu dengan mendapatkan empat medali emas," ucap Harlin. (OL-1)

BERITA TERKAIT