12 September 2019, 13:29 WIB

Kenangan Anies, Dipanggil Habibie Soal Reklamasi


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MI/Insi Nantika Jelita
 MI/Insi Nantika Jelita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku memiliki banyak kenangan dengan presiden ke-3 RI Baharuddin Jusuf Habibie atau biasa dipanggil BJ Habibie. Salah satunya Anies pernah dipanggil BJ Habibie soal reklamasi.

Diketahui pada awal Juni 2019, Anies telah menerbitkan IMB terhadap ribuan bangunan di pulau reklamasi. Hal itu menuai polemik karena pada janji kampanyenya di Pilgub 2017, Anies vokal mengatakan akan menghentikan reklamasi.

"Beliau (BJ Habibie) pernah ada sesuatu panggil ke saya. Misalnya seperti kemarin saat ramai reklamasi. Saya dipanggil Pak habibie, (BJ Habibie mengatakan), 'Anies yang dihadapi (soal reklamasi) itu besar loh Nies, kamu hati-hati'," ujar Anies saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Kamis (12/9).

Anies merasa panggilan BJ Habibie tersebut merupakan suatu kepedulian kepada dirinya.

Baca juga: Anies Ajak Ibunda Melayat ke Rumah Duka Habibie

Menurutnya, soal reklamasi itu merupakan kasus yang besar, maka dari itu harus hati-hati menanganinya.

"Jadi beliau (BJ Habibie) mengatakan itu sebagai ayah. Saya ini ayahmu, kamu anak saya. Ini raksasa loh kamu harus hati-hati. Beliau mengkhawatirkan sekali nanti terjadi sesuatu. Jadi poin saya adalah, dia itu peduli," kata Anies.

"Beliau itu tidak diam, tapi (nasehatnya) tidak muncul ke publik. Sebagai negarawan, beliau (tahu) membatasi mana yang harus bicara di depan umum, mana yang private. Beliau orang yang tidak pernah berhenti peduli soal Indonesia," sambungnya.

Habibie wafat setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) menghembuskan nafas terakhir pada pukul 18.05 WIB diusianya ke 83 tahun.    

Habibie akan dimakamkan usai Salat Dzuhur di TMP Kalibata bersebelahan dengan makam kekasih hatinya Hasri Ainun Habibie. (OL-2)

BERITA TERKAIT