12 September 2019, 12:03 WIB

Wakil PM Malaysia akan Hadiri Pemakaman Habibie


Sonya Michaella | Humaniora

AFP/Aris Oikonomou
 AFP/Aris Oikonomou
Wakil Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail

WAKIL Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail akan menghadiri pemakaman dari Presiden ketiga RI BJ Habibie, hari ini, Kamis (12/9).

Wan Azizah akan didampingi Wakil Menteri Industri Utama Shamsul Iskandar dan sejumlah pejabat dari kantor Wakil PM dan Kementerian Luar Negeri Malaysia.

"Wakil PM akan datang ke pemakaman BJ Habibie untuk memberikan penghormatan terakhir. Sebelumnya, Wakil PM akan mengunjungi rumah duka di Kuningan," sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Malaysia yang diterima, Kamis (12/9).

Suami Wan Azizah yang juga tokoh reformasi Malaysia, Anwar Ibrahim, sangat berduka atas wafatnya Habibie.

Baca juga: Anies Ajak Ibunda Melayat ke Rumah Duka Habibie

"BJ Habibie seorang individu yang saya anggap sebagai keluarga dan sangat prihatin tentang derita yang saya lalui semasa saya selesai operasi, bebas dari penjara dimana Almarhum dan Almarhumah Ibu Ainun yang menjaga saya,” tutur Anwar.

Bagi Anwar, Habibie selalu bicara dari keyakinan serta dari hati nurani. Hal tersebut dilihat Anwar sebagai sesuatu yang unik dari seorang tokoh dan pemimpin besar yang pastinya akan dirindukan serta dikenang semua pihak.

"Saya mewakili (Partai) KEADILAN mengutuskan salam takziah buat keluarga Almarhum. Semoga rohnya ditempatkan bersama dalam kalangan mereka yang beriman dan beramal soleh," ucapnya.

Habibie, wafat di usia 83 tahun. Teknorat kelas dunia yang juga Bapak Dirgantara Indonesia ini akan dimakamkan di sebelah makam istrinya yang tercinta, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Presiden RI Joko Widodo memerintahkan penyelenggaraan jenazah Bapak Teknologi Indonesia itu diperhatikan serius. Jokowi akan langsung memimpin langsung upacara pemakaman BJ Habibie.

BJ Habibie tutup usia pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT