12 September 2019, 08:50 WIB

Wedangan Kebangsaan Merekatkan Antarsuku


Widjajadi | Nusantara

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Wedangan Kebangsaan digelar di Loji Gandrung, Surakarta pada Rabu malam (11/9).

WEDANGAN Kebangsaan yang digelar Perhimpunan Masyarakat Nusantara di pendopo rumah dinas walikota Surakarta, Loji Gandrung pada Rabu malam (11/9) merupakan upaya untuk menyatukan persaudaraan. Gelaran wedangan ini bertujuan merekatkan komunikasi dan persaudaraan antarsuku nusantara yang tinggal di Kota Surakarta. Sekaligus untuk membuktikan bahwa tinggal di kota yang tidak pernah tidur itu sangat nyaman dan harmoni.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo sangat mendukung pertemuan komunitas suku nusantara, karena sangat baik untuk jalinan persaudaraan sesama bangsa, tanpa membedakan suku, ras  dan agama.

"Ini pertemuan sangat bagus, karena menguatkan kerukunan dan memupuk persaudaraan antarsuku yang tinggal di kota Solo," papar Rudy.

Dalam gelaran ini, para pemuka suku memberikan testimoni tentang betapa nyamannya Kota Solo untuk tinggal dan berkegiatan.

"Solo sungguh merupakan kota yang sangat pluralis, sangat sehat untuk hidup bersaudara dan bergandengan, penuh dengan semangat solidaritas kebangsaan," tukas Ricko, warga asal Papua.

Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai yang ikut hadir berharap bahwa nafas kebhinnekaan ini bisa terus dipupuk, dan dihadirkan secara berkelanjutan, agar kedamaian dan persatuan bisa terus terjaga secara lestari.

Ketua Perhimpunan Masyarakat Nusantara D Liestianto menginginkan ramah tamah antar suku nusantara bisa dilaksanakan secara periodik, tiap tiga bulan atau enam bulan sekali.

"Kami menginginkan pertemuan semacam ini bisa diwujudkan tiap tiga bulan atau 6 bulan sekali," pintanya.

baca juga: Generasi Muda Aceh Kehilangan Sosok BJ Habibie

Muspida yang ikut hadir dalam ramah tamah antar suku nusantara ini antara lain Danrem Kol Inf Rafael dan Dandim Surakarta Letkol Ali Ahwan. Dalam wedangan itu juga diadakan doa bersama untuk tokoh nasional dan bapak teknologi Indonesia, BJ Habibie yang wafat pada Rabu (11/9). (OL-3)

 

BERITA TERKAIT