11 September 2019, 23:26 WIB

Diaspora Indonesia di New York sudah Bisa Buka Rekening Rupiah


Henri Siagian | Ekonomi

MI/Susanto
 MI/Susanto
Anggota Komisi XI DPR Eva Kusuma Sundari

DIASPORA Indonesia yang di New York, Amerika Serikat, kini sudah bisa membuka rekening dalam mata uang rupiah.

Anggota Komisi XI DPR Eva Kusuma Sundari mengungkapkan itu berdasarkan hasil pengawasan kinerja fungsi perbankan perwakilan di New York, saat dihubungi mediaindonesia.com, Rabu (11/9).

"Ini tidak lazim terjadi, tapi BNI di New York berhasil membuat terobosan untuk memenuhi permohonan anggota diaspora Indonesia di AS," ungkapnya.

Akhirnya, sambung Eva, BNI cabang New York membuat hubungan langsung dengan BNI Jakarta Pusat. "Mereka menjadi seperti agen BNI Jakarta Pusat. Jadi, meski membuka rekening di New York, tercatat di BNI Jakarta Pusat," paparnya.

Sehingga, lanjut Eva, para diaspora Indonesia tinggal membuka rekening rupiah di BNI New York dan otomatis tercatat di BNI Jakarta Pusat. "Jadi kalau mau mengirim duit, tinggal datang ke BNI New York. Pihak BNI New York langsung mengonversi ke rupiah dan langsung tercatat dalam rekening mereka yang tercatat di BNI Jakpus," ujarnya.

Selain itu, Eva memuji kinerja pihak hubungan masyarakat (humas) BNI. "Karena hubungan yang baik, ketika ada pejabat konsulat jenderal RI (KJRI) yang pindah tugas ke Kanada, BNI jadi bisa bermitra dengan tiga bank besar di Kanada," kata dia.

Baca juga: Prediksi Resesi Terlalu Jauh

Menurut Eva, tantangan ke depan adalah peran perbankan dalam memfasilitasi perdagangan antara indonesia dan AS. "Mereka aktif berpartisipasi dalam pameran dagang di New York. Minat luar biasa. Demand barang dari Indonesia ada, problemnya kontinuitas produksi. Misalnya permintaan tiga kontainer, perusahaan Indonesia baru sanggup 1 kontainer. Itu tantangannya." (X-15)

BERITA TERKAIT