12 September 2019, 01:20 WIB

Lea Simanjuntak Motivasi Untuk Indonesia


Fathurrozak | Humaniora

MI/Sumaryanto Bronto
 MI/Sumaryanto Bronto
Penyanyi Lea Simanjuntak

LAGU tunggal (single) bertajuk Bersama yang baru saja dirilis itu sekaligus menandai kembalinya Lea Simanjuntak, 40, ke jalur industri pop. Maklum, belakangan Lea lebih dikenal publik sebagai penyanyi yang punya 'kelasnya' sendiri.

Undangan untuk tampil dalam acara-acara kenegaraan di dalam maupun di luar negeri kerap menyapanya. Tak terasa hingga butuh waktu 15 tahun bagi Lea untuk kembali menuturkan lantunan liriknya setelah album perdananya, Bangun (2004).

Bersama pun menjadi proses perubahan sosoknya dalam bermusik. Warna yang disajikan dalam single terbarunya itu sangat kontras dari album debutnya.

Bersama juga merepresentasikan karakternya yang beberapa tahun ini melekat padanya sebagai penyanyi 'lagu bernuansa serius' atau penyanyi yang kerap membawakan lagu-lagu nasionalisme.

Dalam bincang santai, Lea mengaku bahwa benang merah musiknya pop karena dia ingin semuanya bisa menikmati. "Saya lebih fokus ke konsep album nantinya yang menceritakan dinamika kehidupan, yang memotivasi orang, karena kadang kita juga butuh motivasi," ujar Lea yang kini rambutnya berpenampilan pendek.

Tak dia lupakan di musiknya ada lagu bahagia, tetapi juga tidak menutup kemungkinan ada lagu galaunya. Namun, di sini Lea rupanya ingin menunjukkan ke semua orang bahwa segalanya butuh proses supaya hasilnya berkelanjutan.

Masyarakat Indonesia, ucap Lea, saat ini butuh penyemangat untuk mengingatkan bahwa perjuangan bersama telah dilalui. "Sebagai penyanyi, saya ingin juga punya karya yang dipikirkan dan dikemas dengan matang, tidak cuma album yang ngehit lalu sudah," ujar perempuan kelahiran Singapura itu, saat merilis single dan video klip Bersama di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bagi Lea, kepuasannya dalam berkarya akan lebih ditentukan kualitas lagu yang dibawakan ketimbang jumlah lagu yang hendak disajikan ke masyarakat. "Tujuannya mungkin bukan seproduktif bikin, bikin lagi, tapi mungkin secara kualitas saya jamin 10 tahun yang akan datang, orang masih akan tergerak emosinya ketika mendengarkan," pungkasnya

 

Keliling Eropa

Seusai merilis single, tampaknya Lea langsung disibukkan dengan jadwal untuk manggung di acara kenegaraan. Pada Selasa (17/9), Lea akan tampil di Budapest, Hongaria, sebagai bagian dari resepsi diplomatik dalam rangkaian perayaan HUT RI.

Setelah dari Budapest, selang tiga hari ia masih akan tampil di Madrid, Spanyol, dalam rangkaian El Spiritu de Indonesia. Lea lalu akan melanjutkan perjalanan ke Marseille, Prancis, dalam acara Le Festival d'Indonesie.

"Akan banyak kolaborasi dan kita juga akan membawakan medley lagu Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, sampai Papua. Tujuannya kita have a good time, mempromosikan negeri kita sendiri lewat perasaan yang santai, ikhlas," ujarnya.

Dengan semangat itu, menurut Lea, setiap orang yang disuguhi (lagu) merasa santai, baru diplomasi bisa masuk. (H-1).

BERITA TERKAIT