11 September 2019, 18:30 WIB

KPK Benarkan Mekeng sedang Kunjungan Kerja di Swiss


Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum

MI/Rommy Pujianto
 MI/Rommy Pujianto
 Anggota DPR Melchias Markus Mekeng seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Mei lalu.

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Ketua Fraksi Golkar DPR RI Melchias Marcus Mekeng.

Mekeng yang sedianya akan diperiksa sebagai terkait kasus suap yang melibatkan mantan anggota DPR dari Partai Golkar lainnya, Eni Maulani Saragih, dipastikan tidak hadir karena tengah berada di Swiss dalam rangka kunjungan kerja.

"Kami cek dengan pihak imigrasi dan nanti akan kami jadwalkan ulang pemeriksaannya sebagai saksi. Kami berharap yang bersangkutan tentu kooperatif," kata Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/9).

Baca juga: KPK Cegah Politisi Golkar Melchias Markus Mekeng ke Luar Negeri

Mekeng sedianya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Samin Tan. Samin Tan dan Eni Saragih saat ini berstatus tersangka dalam kasus pengurusan terminasi kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup (PT AKT) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Penyidik KPK beranggapan yang bersangkutan (Mekeng) mengetahui beberapa hal terkait kasus tersebut. Sehingga, keterangannya dibutuhkan sekali untuk menyelesaikan kasus Samin Tan," imbuh Laode.

Baca juga: Imigrasi Sudah Terima Surat Pencekalan Melchias Mekeng

Sebelumnya, KPK meminta pihak Imigrasi mecegah Politisi Partai Golkar tersebut selama 6 bulan ke depan terhitung sejak Selasa 10 September 2019. (A-2)

BERITA TERKAIT