11 September 2019, 13:28 WIB

Yayasan Dharma Bhakti Astra Bantu UKM Bengkel Naik Kelas


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

MI/Ardi Teristi Hardi
 MI/Ardi Teristi Hardi
Kunjungan Direktur PT Astra International Tbk dan Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra di UKM Mitra Bengkel Barokah, Sleman, DIY, Rabu (11/9

PT Astra International Tbk bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) mendukung pengembangan UKM Bengkel. Hal itu diwujudkan dengan kunjungan Direktur PT Astra International Tbk dan Ketua Pembina Yayasan Dharma Bhakti  Astra (YDBA), Gita Tiffany Boer ke dua bengkel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengikuti program sektor unggulan pengembangan UKM Bengkel, Rabu (11/9).

"Program ini bertujuan mengubah sentra industri tradisional menjadi sentra industri modern yang sesuai dengan standar industri besar. Agar mereka naik kelas," kata Gita di sela-sela kunjungan di Bengkel Mobil Barokah, di Sleman, DIY Rabu (11/9) siang. Sektor Unggulan Bengkel Yogyakarta secara resmi mulai dijalankan sejak 2017. Pada program sektor unggulan ini, YDBA melibatkan sekitar 30 UKM Bengkel yang melayani berbagai jasa perawatan mobil.

Target pada sektor unggulan bengkel adalah mengimplementasikan standar pelayanan. YDBA melakukan pembinaan mulai dari pelatihan basic mentality, benchmark ke bengkel resmi Daihatsu, pelatihan dan pendampingan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin), pelatihan Service Advisor, pelatihan, hingga pendampingan standar pelayanan bengkel.

"Melalui pembentukan sektor unggulan ini, anggota komunitas sektor unggulan bengkel Yogyakarta diharapkan dapat menjadi bengkel mandiri, naik kelas dengan pelayanan yang terstandar," kata Gita Tiffany Boer.

Keberadaan sektor unggulan bengkel dapat memberikan banyak manfaat kepada  masyarakat sekitarnya. Dengan demikian, Misi Astra untuk dapat sejahtera bersama bangsa dapat terwujud.

Ketua Pengurus YDBA, Henry C. Widjaja menambahkan, YDBA yang didirikan sejak 1980 merupakan komitmen Astra untuk berperan aktif dalam membangun bangsa. Yayasan ini menjalankan program tanggung jawab sosial Astra dengan fokus pada pembinaan UMKM, yang meliputi UMKM manufaktur, baik terkait value chain bisnis Astra, maupun yang tidak terkait, bengkel umum roda empat dan roda dua, pengrajin, serta petani.

baca juga: Permintaan Semen Baturaja Tumbuh Signifikan

YDBA memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk naik kelas dan mencapai kemandiriannya. Sampai saat ini YDBA telah mendirikan 20 Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) dengan 13 LPB yang sekarang masih aktif, salah satunya di Yogyakarta. Pemilik Bengkel Barokah, Suwardi menyebut, pelatihan dan pembinaan yang
diberikan YDBA telah membuat manajemen bengkelnya lebih baik. Montir dan  bengkel lebih bersih serta pelayanan dan manajemen yang lebih baik sehingga konsumen lebih puas. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT