11 September 2019, 11:35 WIB

Hari Ketiga Ganjil Genap, Lalu Lintas di Tomang Lancar


Tri Subarkah | Megapolitan

MI/SASKIA ANINDYA PUTRI
 MI/SASKIA ANINDYA PUTRI
Rambu informasi perluasan ganjil genap Tomang-Slipi mulai terpasang di Simpang Tomang, Jakarta Barat

PERLUASAN sistem ganjil genap dinilai memberikan dampak positif bagi kelancaran lalu lintas. Hal itu terlihat dari pantauan Media Indonesia di Jl Tomang Raya, Jakarta Barat.

Pada pukul 08:30 WIB, kondisi lalu lintas di Jalan Tomang Raya hingga Jl Suryopranoto maupun sebaliknya berjalan lancar. Hal itu diakui Bripka Doel yang berjaga di sekitaran daerah tersebut.

"Kalau untuk lalu lintas di wilayah Tomang, lihat sendiri nih, udah lenggang, ngga ada kemacetan. Biasanya sebelum ada ganjil genap udah padet," paparnya, Rabu (11/9).

Hal senada diamini Komandan Regu (Danru) Dishub yang bertugas.

"Adanya ganjil genap mengurangi adanya kemacetan. Udah terasa banget."

Baca juga: Pelanggar Ganjil Genap Keluhkan Ketidakadaan Rambu

Namun, dirinya mengatakan pemberlakukan sistem ganjil genap di wilayah itu memberi efek kepadatan ke arah Grogol.

Selain perluasan sistem ganjil genap, kelancaran lalu lintas di wilayah Tomang juga dibantu adanya sistem contra flow yang berlaku dari pukul 06.00 - 09.00 WIB. Diketahui, sistem contra flow di Jl Tomang Raya sudah diterapkan sejak 2013.

Pemberlakuan sistem ganjil genap di Jl Tomang Raya secara resmi diterapkan sejak Senin (9/9) bersama 16 ruas jalan lain.

Diketahui, perluasan sistem ganjil genap oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna menekan kepadatan di jalan raya dan meningkatkan kualitas udara. (OL-2)

BERITA TERKAIT