11 September 2019, 08:06 WIB

62 Sekolah Meriahkan Festival Ketoprak Pelajar di Klaten


Djoko Sardjono | Nusantara

Mi/Djoko Sardjono
 Mi/Djoko Sardjono
Sebanyak 62 sekolah di Kabupaten Klaten memeriahkan Festival Ketoprak Pelajar 2019. 

AMIGO Peduli Budaya Klaten kembali menggelar Festival Ketoprak Pelajar (FKP) Piala Bupati dan Gubernur Jawa Tengah. Gelar FKP ke-10 tahun ini diikuti 62 sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, dan akan dibuka Bupati Klaten, Kamis (12/9). FKP tingkat SMA/SMK diselenggarakan 12-15 September, dengan jumlah peserta 24 sekolah tingkat provinsi. FKP tingkat SMP, 27-29 September, diikuti 19 sekolah, dan FKP tingkat SD dijadwalkan 11-13 Oktober dengan peserta 19 sekolah.

Ketua Panitia FKP X Eko Hariyanto kepada wartawan di Aula SD Krista Gracia mengatakan, FKP tingkat SMA/SMK adalah tahun kedua  diperebutkannya Piala Gubernur Jawa Tengah. FKP 2018 tingkat SMA/SMK diikuti sebanyak 27 sekolah. Peserta FKP 2019 tingkat SMA/SMK sebanyak 24 sekolah, empat di antaranya dari SMAN 2 Purworejo, SMK 8 Surakarta, SMAN 1 Karanganyar, dan SMKN 1 Rembang. FKP SMA/SMK adalah tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Gubernur Ganjar Pranowo akan hadir di SD Krista Gracia pada puncak pelaksanaan FKP tingkat SMA/SMK, 15 September nanti. Sekaligus untuk menyerahkan piala kepada pemenang," ujar Eko Hariyanto, Selasa (10/9).

Sementara, Edy Sulistyanto, penggagas FKP, menjelaskan tujuan penyelenggaraan FKP adalah untuk mewujudkan generasi muda cinta budaya. Selain itu, kegiatan nonkulikuler ini sebagai pendidikan budi pekerti, moral, dan karakter siswa.

"Kami berterima kepada seluruh sekolah yang telah mendukung terselenggaranya FKP. Baik untuk tahun ini maupun tahun yang akan datang, demi terwujudnya generasi muda yang cinta seni budaya tradisional khususnya ketoprak," kata Edy.

baca juga: Kabut Asap Ganggu Penerbangan di Kalsel

Menjelang pergelaran FKP X tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, panitia festival meluncurkan buku berjudul Sang Pengerek Tonil karya Sri Warsiti. Acara ini dihadiri Plt Kepala Disparbudpora Klaten Wahyu Prasetya dan seniwati Yati Pesek. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT