10 September 2019, 19:00 WIB

Pemmpin.ID Kembali Gelar ISUNITE 3


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

Dok. Pemimpin.ID
 Dok. Pemimpin.ID
Peserta ISUNITE 3

PEMIMPIN.ID bersama Maxima Indonesia dan PT Paragon Technology Innovation memprakarsai terselenggaranya Indonesian Students Unite (ISUNITE) 3.

ISUNITE sendiri merupakan program pengembangan karakter dan pelatihan kepemimpinan untuk pelajar berprestasi di tingkat SMA, SMK, sederajat se-Indonesia.

Setelah sukses melaksanakan ISUNITE pada  2017, dengan konsep yang berbeda ISUNITE akan dilaksanakan pada 9–14 September 2019 di 3 Negara, yaitu  Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Tema tahun ini “The Rise of Indonesian Digileader” yang bertujuan mempersiapkan peserta untuk menjadi pemimpin Indonesia di era digital.

Pembukaan acara dilaksanakan di Jatake PT Paragon Technology Innovation, Tangerang, Banten, Senin (9/9/2019).

ISUNITE 3 tahun ini menghadirkan 21 pelajar perwakilan sekolah dari seluruh Indonesia (Palu, Gorontalo, Aceh, Palembang, Jawa Timur, Bekasi dan Jakarta) untuk berjejaring, bertukar pikiran dan berkarya bersama.

Baca juga : Ingin Pemuda Lebih Kreatif, Kemenpora Gelar Pelatihan Kuliner

Iinisiator Pemimpin.ID dan Direktur Utama Maxima Indonesia Ivan Ahda mengatakan, konsep ISUNITE 3 yang digagas pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Kami mengajak para peserta untuk mengeksplorasi pengalaman di Singapura dan Malaysia sebagai pengayaan wawasan pengetahuan dan ketrampilan bagi peserta. Kolaborasi Pemimpin.ID, Paragon dan Maxima Indonesia akan menjadi contoh baik bagi pemangku kepentingan untuk menciptakan ekosistem kepemimpinan Indonesia yang lebih baik," katanya dalam keterangan tertulis.

Chief Marketing Officer PT Paragon Technology Innovation yang juga inisiator Pemimpin.ID, Salman Subakat mengatakan, Indonesia butuh banyak pemimpin di berbagai sektor.

Dengan program ISUNITE kita berkesempatan menyiapkan anak muda Indonesia lebih awal agar memberikan dampak nyata untuk lingkungan sekitar. Hal ini sesuai dengan visi Paragon untuk menjadikan masa Indonesia yang lebih cerah melalui inisiasi program kebaikan," ujarnya.

Program pelatihan ISUNITE 3 dilaksanakan selama 6 hari. Kemudian, peserta akan kembali ke daerah masing-masing untuk membuat program yang akan dilaksanakan selama 3 bulan paska pelatihan.

Peserta akan ditantang untuk melakukan proyek pemberdayaan yang melibatkan lebih dari 1000 orang di daerah asal masing-masing.

Rangkaian acara program ISUNITE 3 di Jakarta adalah sebagai berikut; Talkshow Young and Innovative Digileader for better Indonesia, Factory Tour Paragon, pemberian materi kepemimpinan dengan beberapa tema seperti Self Leadership, Indonesia Towards The Digital Era, Workshop Design Thinking for Digital Movement.

Untuk program di Singapura dan Malaysia peserta akan diajak untuk mengunjungi Kedutaan Indonesia, visit kampus di (NTU) Nanyang Technological University, sesi sharing bersama Ainun Najib (Head of Grab Data) dengan tema “International Exposure” ada juga sesi diskusi dengan Alumnus PPI di Singapura, Amazing Race, dan tur kampus University of Malaya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT