11 September 2019, 01:00 WIB

Aries Susanti Rahayu Memanjat Tebing di Dunia Akting


Zubaedah Hanum Ilyas | Humaniora

ANTARA
 ANTARA
Atlet panjat tebing Aries Susanti Rahayu,

ATLET panjat tebing Indonesia peraih dua medali emas di Asian Games 2018, Aries Susanti Rahayu, 24, belum lama ini punya aktivitas baru. Ayu, panggilan akrabnya, oleh Lola Amaria didapuk menjadi pemeran utama film 6,9 Detik yang digarap Lola Amaria Pictures.

Atlet fenomenal yang juga memenangi kejuaraan panjat tebing tingkat dunia, IFSC World Cup 2018 di Chongqing, Tiongkok, itu, mengaku sempat kaget dan grogi begitu kali pertama menapaki dunia akting.

Di film 6,9 Detik itu memang mengangkat kisah Ayu yang mendapat julukan Spiderwoman dari Indonesia dari kecil hingga menjadi jawara di dunia panjat tebing.

Meski memerankan diri sendiri, Ayu mengaku kesulitan melakukan akting. Itu karena dunia Ayu memang jauh dari kehidupan layar kamera. Di film itu juga dikisahkan Ayu yang sejak masa kanak-kanak punya hobi memanjat pohon membuat kedua orangtuanya khawatir. Saat masuk ke bangku SMP, Ayu pun mendalami olahraga panjat tebing.

Saking sukanya terhadap olahraga yang biasa dilakoni pria ini, Ayu bahkan sempat beristirahat dari kuliahnya di jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Semarang.

Lingkungan Ayu yang jauh dari dunia akting pada akhirnya mendorong Lola Amaria dengan tekun dan sabar banyak mengajari ilmu akting dan mengarahkannya agar tampil baik di depan kamera.

"Jujur, susah banget memerankan diri sendiri. Kirain gampang ya. Ternyata akting tuh gitu. Meski meranin diri sendiri, namanya akting, ya susah banget, terutama penghayatan. Jadi saya di-reading timnya Kak Lola Amaria selama satu bulan," aku Ayu perempuan asal Grobogan, Jawa Tengah, itu.

Dikisahkan Ayu, pada awalnya film 6,9 Detik ini hendak memakai pemeran pengganti, tapi diurungkan Lola.

Pasalnya, untuk melatih atau mencari seorang aktor yang piawai di olahraga panjat tebing tidaklah mudah karena butuh waktu lama untuk mendapatkannya. Meski di film ini, Ayu juga ditemani main oleh atlet panjat tebing pelatnas lainnya.

"Awalnya mau pakai pemeran pengganti. Cuma karena mencari pemanjat tebing yang cepat kayak eks pelatnas kemarin susah kan. Terus namanya pemanjat tebing kecepatan itu kan enggak sebentar latihannya, perlu bertahun-tahun. Akhirnya, Kak Lola pakai saya sendiri dan teman-teman eks pelatnas kemarin," terangnya.

Anak dari pasangan Sanjaya dan Maryati ini mengakui menggeluti olahraga panjat tebing bukanlah hal yang mudah. Selain teknik, dalam menaklukkan papan panjat yang tinggi dibutuhkan kemampuan dan kecepatan tenaga yang semuanya harus dilatih dan diperhitungkan dengan matang

Pelajaran baru

Setelah terjun langsung memerankan diri sendiri di 6,9 Detik, Ayu pun mengaku mulai paham seluk-beluk dunia akting. Sebagai pemula, Ayu merasa wajar jika banyak adegan yang dia lakukan berulang-ulang. Untungnya, Lola Amaria dengan tekun mau mengarahkannya.

"Awalnya kok gini ya, kok kayak orang gila ya. Oh ternyata akting tuh kalau kita meranin kayak orang gila. Kita senang sendiri, kita gila sendiri, tapi lama-lama mikir sendiri, oh akting kayak gini ya. Pelajaran baru buat saya," ungkapnya.

Selain Ayu, film 6,9 Detik juga dibintangi Aryo Wahab, Rahayu, Rukman Rosadi, Maryam Supraba, dan Rangga Djoned. Film 6,9 Detik rencananya tayang pada 26 September 2019. (Medcom/H-1)

BERITA TERKAIT