10 September 2019, 19:00 WIB

Tahun Ini Dinas Perhubungan DKI Tambah 81 Titik Kamera E-TLE


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

 ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama.
  ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama.
 Kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di kawasan Jalan MH Thamrin

DINAS Perhubungan DKI Jakarta berencana menempatkan 81 kamera E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Kamera pengawas pelanggaran lalu lintas itu rencananya akan ditempatkan di sembilan ruas jalan yang sebelumnya telah diterapkan pembatasan lalu lintas ganjil genap seperti Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Medan Merdeka Barat, Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Letjen S Parman, Jalan Gatot Subroto, Jalan DI Panjaitan, dan sebagian Jalan Sisingamangaraja.

Baca juga: Mobil Listrik Kebal Ganjil Genap

"Iya memang sekarang tahun ini kan baru ada 12 titik kamera yang dipasang oleh polda, tahun ini kita sudah anggarkan untuk tambahan sekitar 81 titik," kata Syafrin saat dikonfirmasi, Selasa (10/9).

Syafrin mengatakan, pihaknya berencana menambah lagi pengadaan kamera E-TLE pada tahun depan untuk ditempatkan di titik-titik jalan yang terkena perluasan ganjil genap mulai 9 September lalu.

Namun, usulan pengadaan kamera E-TLE ini akan mengacu pada pengkajan dan penetapan titik kamera dari Dirlantas Polda Metro Jaya.

"Nah, saya sudah koordinasi dengan Pak Dirlantas, dengan adanya perluasan ganjil genap, mereka agar kembali menghitung berapa kebutuhan untuk kamera tambahan yang akan kita anggarkan di 2020," ungkapnya.

Di sisi lain, Syafrin mendukung kerja sama yang dilakukan antara PT Trans-Jakarta dengan Polda Metro Jaya untuk pengadaan kamera E-TLE serta penegakkannya di jalur bus Trans-Jakarta itu.

Menurutnya, selama ini sterilisasi jalur khusus bus Trans-Jakarta sulit dilakukan karena penegakkan hukum yang masih dilakukan secara manual.

"Tapi intinya kemarin ada kerjasama penegakan sterilisasi busway, ini yang akan kita dorong," tegasnya.

Baca juga: Perluasan Ganjil Genap, Dishub: Pengguna Roda Dua Meningkat

Sementara itu, dari data Dirlantas Polda Metro Jaya sejak 1 Juli hingga 21 Agustus lalu sebanyak 11.290 pengendara telah terekam melanggar peraturan lalu lintas melalui fitur E-TLE.

Jumlah ini berasal dari 12 titik kamera E-TLE yang dipasang di sejumlah jalan protokol seperti Jalan Medan Merdeka Selatan menuju simpang Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. (OL-6)

BERITA TERKAIT