10 September 2019, 18:55 WIB

Minim Informasi dan Buku, Book Corner di Stasiun MRT Sepi Peminat


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

 MI/PIUS ERLANGGA
  MI/PIUS ERLANGGA
POJOK BUKU MRT

BARU dua hari yang lalu diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pojok buku atau 'book corner' di Stasiun MRT Bundaran HI terlihat sepi. Rak buku berwarna putih yang diisi tak lebih dari 50 buku itu enggan dijamah oleh warga yang melewati stasiun tersebut.

Dua warga saat ditemui Media Indonesia malah mengaku tidak mengetahui ada book corner tersebut. "Saya enggak tahu itu, dimana emangnya?" ujar Dita, 19, di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (10/9).

Baca juga: Hari ke-4 Pembahasan Tatib, DPRD DKI Selesaikan 119 Pasal

Warga lain yakni Aldi, 23, tidak mengetahui adanya book corner. "Enggak tahu mbak ada buku disini, bayar apa sewa?" katanya usai mengambil foto di stasiun tersebut.

Diketahui, book corner baru ada di dua stasiun Bundaran HI dan Lebak Bulus. Memakan waktu 30 menit untuk sampai di stasiun akhir, book corner juga terlihat sunyi senyap.

Salah satu warga bernama Anne, 47, yang hanya sebentar berhenti di book corner itu, mengatakan kepada Media Indonesia, bahwa ia mengetahui informasi tersebut dari Instagram.

"Iya baru lihat buku ini. Sedikit ya bukunya. Saya juga tadi sepintas saja lewat. Itu juga awalnya tahu dari Instagram," kata Anne.

Memang terlihat hanya tiga buku saja yang berjejer di rak buku di Stasiun Lebak Bulus. Anne kemudian menuturkan ada satu buku yang menarik pandangannya, yakni buku karya Pramoedya Ananta Toer berjudul Bumi Manusia.

"Tadi lihat sebentar buku karya Pramoedya Ananta Toer. Ini nanti dipinjam kan saja ya? Saya kurang dapat informasi bukunya ada di stasiun mana lagi. Sayang saja kalau bukunya sedikit terus minim informasi lagi," ucap Anne.

Baca juga: Mobil Listrik Kebal Ganjil Genap

Beberapa buku yang dilihat seperti Habibie&Ainun juga ada di Stasiun MRT Bundaran HI, lalu buku Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle, Anak Semua Bangsa karya Pramoedya Ananta Toer dan lain-lainnya.

Sebelumnya, Anies mengatakan nantinya book corner atau pojok buku akan hadir di seluruh stasiun MRT Jakarta. MRT Jakarta akan menampung seluruh buku yang didonasikan serta disortir komunitas gerakan membaca Kereadta. (OL-6)

BERITA TERKAIT