10 September 2019, 12:08 WIB

Asap Karhutla Kian Pekat, Pekanbaru Liburkan Seluruh Sekolah


Rudy Kurniawansyah | Nusantara

Antara
 Antara
Wali Kota Pekanbaru keluarkan instruksi meliburkan seluruh anak sekolah akibat kabut asap dan karhutla. 

WALI Kota Pekanbaru Firdaus menetapkan libur sekolah pada semua tingkatan di ibukota Provinsi Riau tersebut, 10-11 September 2019. Kebijakan itu setelah melihat kondisi terkini perkembangan kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru, akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah daerah. Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar dan Dinas Pendidikan Riau sudah memerintahkan untuk meliburkan sekolah tingkat SMA/SMK sederajat apabila kondisi kualitas udara akibat kabut asap karhutla sudah pada posisi sangat tidak sehat.

"Kepada Dinas Pendidikan agar sesegera mungkin menginformasikan hal ini secara berjenjang kepada seluruh Kepala Sekolah," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus dalam instruksinya, Selasa (10/9).

Wali Kota juga mengimbau kepada para orang tua murid, agar memastikan anak-anaknya tidak berada atau berkeliaran di luar rumah atau ruangan. Apabila beraktifitas di luar ruangan, agar selalu menggunakan masker.

"Untuk ketentuan teknis libur ini ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru," tegas Wali Kota.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Jamal mengatakan pihaknya sudah menindaklanjuti intruksi Wali Kota Pekanbaru. Sekolah sudah dapat memulangkan para siswa yang masih bersekolah pada hari ini. Para wali murid juga bisa segera menjemput anaknya di sekolah karena kondisi kabut asap yang semakin memprihatinkan.

baca juga: Rail Clinic Milik PT KAI Gelar Pengobatan Gratis

"Para siswa yang masih di sekolah sudah bisa dipulangkan. Para wali murid bisa segera menjemput mereka," jelas Jamal.(OL-3)

 

BERITA TERKAIT