10 September 2019, 12:04 WIB

Rail Clinic Milik PT KAI Gelar Pengobatan Gratis


Liliek Dharmawan | Nusantara

MI/Liliek Dharmawan
 MI/Liliek Dharmawan
Gerbong Rail Clinic melayani pengobatan bagi warga di Stasiun Karangsari, Cilongok, Banyumas, Jateng 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyelenggarakan pengobatan gratis dengan mendatangkan Rail Clinic di Stasiun Karangsari, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (10/9). Kedatangan Rail Clinic diserbu ratusan warga sekitar yang ingin berobat gratis. Menajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Supriyanto,
mengatakan selain memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat tidak mampu, di dalam Rail Clinic juga diselenggarakan sosialisasi keamanan dan keselamatan KA.

"Ini merupakan bentuk kegiatan bakti sosial melalui program CSR PT KAI. KA khusus itu terdiri atas empat kereta diesel, dua kereta difungsikan sebagai Rail Clinic. Sedangkan yang dua lagi difungsikan sebagai Rail Library," jelasnya.

Menurut Supriyanto, di dalam KA Rail Clinic, terdapat ruang kesehatan, di antaranya ruang pemeriksaan gigi, ruang kebidanan termasuk alat USG, ruang laboratorium sederhana, ruang pemeriksaan mata, serta apotek. Sedangkan di Rail Library terdapat beraneka ragam buku bacaan, juga tempat yang luas dan nyaman bia auntuk membaca buku-buku yang telah disediakan tersebut.

"Selain memberikan pelayanan gratis, PT KAI juga memberikan alat penglihatan atau kaca mata kepada 50 siswa," tambahnya.

baca juga: Emil: Uu Jadi Ban Serep Sudah Sesuai Aturan

Dijelaskannya, ada 300 warga yang diberikan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan gratis. Mereka berasal dari beberapa desa yakni Karanglo dan Karangtengah. Sedangkan para siswa memperoleh kaca mata gratis berasal dari sejumlah SD di Kecamatan Cilongok. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT