10 September 2019, 12:30 WIB

Patung Ibrahimovic akan Didirikan di Swedia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Katharine Lotze/Getty Images
 AFP/Katharine Lotze/Getty Images
Zlatan Ibrahimovic

MANTAN penyerang timnas Swedia Zlatan Ibrahimovic akan diabadikan dalam betuk patung perunggu di kota kelahirannya, Malmo, pada 8 Oktober mendatang. Hal itu diumumkan Asosiasi Sepak Bola Swedia, Senin (9/9).

Patung dari pemain yang telah membela timnas Swedia sebanyak 116 kali itu memiliki tinggi 2,7 meter dan berat 500 kilogram.

Patung itu akan ditempatkan di sebuah alun-alun yang berada di antara stadion lama dan baru kota itu, kandang klub Malmo FF, tempat Ibra mengawali karier profesionalnya.

Penyerang berusia 37 tahun yang saat ini bermain di klub MLS LA Galaxy mengaku sangat gembira dengan keputusan menempatkan patung dirinya di Malmo.

"Itu merupakan impian saya sejak dulu. Di sana adalah tempat semuanya bermula dan tempat hati saya berada," ujar Ibra dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Jalani Kemoterapi Tahap Kedua

Asosiasi Sepak Bola Swedia yang mermulai proyek itu pada 2015 mempercayakan desainnya pada pematung Peter Linde.

"patung itu selamanya akan menjadi manifestasi dari pesepak bola terbaik Swedia dan salah satu persepak bola terbaik dunia," ujar Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepak Bola Swedia Hakan Sjostrand,

Sejak melakukan debut profesional bersama Malmo pada 1999, Ibrahimovic telah mencetak lebih dari 400 gol bersama Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, Paris Saint-Germain, Manchester United, dan LA Galaxy.

Dia juga mencetak 62 gol untuk timnas Swedia. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT