10 September 2019, 09:20 WIB

Gara-Gara Puntung Rokok, Lima Hektare Hutan Jati Terbakar


Kristiadi | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi 

AKIBAT buang puntung rokok sembarangan menyebabkan hutan jati milik Perhutani di Dusun Lumbungsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terbakar. Kebakaran terjadi Senin (9/9) sekitar pukul 13.00 WIB dan menghanguskan sekitar 5 hektare lahan.

Kapolsek Pamarican, Ajun Komisaris Subagja mengatakan, pihaknya membenarkan adanya kebakaran hutan dan lahan terjadi di lahan milik RPH Pamarican dan BKPH Banjar Selatan. Kobaran api menjalar dengan cepat dan membakar wilayah hutan berada di petak 75c, petak 77g dan petak 78a.

"Kami mendapatkan informasi dari petugas Perhutani, awal munculnya api terjadi di petak 77g. Kobaran api yang tertiup angin pun terus membesar dan menjalar ke lahan petak 75c dan 78a. Hingga petugas yang terjun ke lokasi kebakaran kewalahan untuk memadamkan api. Diduga percikan api tersebut berasal dari puntung rokok yang membakar alang-alang dan rumput yang mengering," ujarnya, Selasa (10/9).

baca juga: Sambut 10 Muharram, Pedagang Mulai Ramai Jual Peralatan Dapur

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ciamis Ani Supiani mengatakan, angin kencang dan banyaknya daun jati kering yang berguguran membuat api cepat menyebar. Kebakaran hutan dan lahan ini menyulitkan petugas untuk memadamkan karena sulitnya mencari air. Mereka harus mencari air dengan lokasi cukup jauh. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT