10 September 2019, 06:54 WIB

Bertandang ke Belfast, Jerman Kalahkan Irlandia Utara


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/PAUL FAITH
 AFP/PAUL FAITH
Serge Gnaby merayakan golnya ke gawang Irlandia Utara dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020.

PELATIH Jerman Joachim Loew mengatakan timnya masih dalam fase belajar setelah membukukan kemenangan 2-0 atas tuan rumah Irlandia Utara, Selasa (10/9) dini hari WIB.

Jerman bertandang ke Belfast dengan tekad meraih kemenangan setelah kalah 4-2 saat menjamu Belanda di Hamburg, Sabtu (7/9) dini hari WIB. Kekalahan itu membuat Jerman terancam gagal lolos otomatis ke Piala Eropa 2020.

Namun, kemenangan di Belfast membuat Jerman sukses menggusur Irlandia Utara dari puncak klasemen Grup C dan mengakhiri rangkaian empat kemenangan beruntun tim besutan Michael O'Neill itu.

"Kami berada di bawah tekanan pascakekalahan dari Belanda," ujar Loew.

Hal itu terlihat di babak pertama sebelum Marcel Halstenberg dan Serge Gnabry mencetak gol di babak kedua untuk memastikan kemenangan Jerman.

Baca juga: Kroasia Ditahan Azerbaijan di Kualifikasi Piala Eropa

"Kami harus bisa mengatasi sejumlah masalah dalam pertandingan. Irlandia Utara tampil berani dan melancarkan serangan sejak awal laga," kata Loew sembari mengakui timnya seharusnya bisa unggul lebih cepat.

"Kami tampil lebih baik di babak kedua. Saat ini, kami masih dalam fase belajar," imbuhnya.

Halstenberg yang berposisi sebagai bek kiri mengakhiri kebuntuan Jerman lewat tendangan voli di babak kedua. Itu merupakan gol pertamanya untuk tim Panser.

Gnabry kemudian memastikan kemenangan Jerman di menit kedua masa injury time. Gelandang Bayern Muenchen itu melepaskan tendangan dari sudut sempit yang gagal diantisipasi penjaga gawang Irlandia Utara Bailey Peacock-Farrell.

Jerman kini memuncaki klasemen Grup C dengan keunggulan selisih gol dari Irlandia Utara setelah kedua tim sama-sama mengantongi 12 poin dari lima laga.

Adapun Belanda yang baru memainkan laga menduduki peringkat ketiga dengan raihan sembilan poin setelah meraih kemenangan 4-0 atas Estonia. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT