09 September 2019, 21:35 WIB

MPR Minta Mahasiswa Uhamka Tingkatkan Wawasan Kebangsaan


Syarief Oebaidillah | Humaniora

Ist
 Ist
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah 

UNIVERSITAS Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) menggelar kuliah perdana dengan narasumber Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah di hadapan 5.332 mahasiswa baru di kampus Uhamka Jakarta, Sabtu ( 7/9).

Penyambutan mahasiswa baru dan kuliah perdana bertema 'Wawasan Kebangsaan Generasi Muda di Revolusi Industri 4.0' tersebut diikuti antusias para mahasiswa yang juga dihadiri Rektor Uhamka Prof Dr Gunawan Suryoputro, Pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Suyatno, dan lain-lain.

Ahmad Basarah mengingatkan kondisi Indonesia saat ini tengah mengalami krisis multidimensi mulai dari krisis kemiskinan, budaya,  moneter, dan tidak meratanya pendidikan, juga krisis kemanusiaan.

Selain itu, adanya ancaman perpecahan dari sekelompok orang yang mau mengambil keuntungan dari NKRI yang telah dibangun para pendahulu bangsa.

Juga ada upaya memporak porandakan nilai kesatuan dan menghormati antar sesama warga negara Indonesia yang sejatinya menganut dengan kental dasar Pancasila serta UUD 1945.

Basarah mengutarakan, sejarah kemerdekaan Indonesia tercatat dalam tinta emas peran penting para pemuda pada 1928 melalui Sumpah Pemuda.


Baca juga: 10.388 Ton Kemasan Karton Bekas Minuman dan Makanan Didaur Ulang


"Melalui momentum ini mahasiawa.yang juga para pemuda generasi penerus bangsa harus memiliki wawasan kebangsaan serta kapasitas keilmuan yang luas dalam menunjang pembangunan bangsa dan negara masa kini dan masa datang," tegasnya.

Basarah mengatakan, mahasiswa saat ini yang juga generasi milenial akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia ke depan.

Dia meminta mahasiswa baru Uhamka sebagai generasi milenial harus hadir sebagai generasi penerus. Mahasiswa baru Uhamka harus mampu menjadi Hamka-Hamka dunia yang baru, yang akan kembali menorehkan sejarah dalam peradaban yang lebih besar.

Sementara, Rektor Uhamka mengatakan, pihaknya sengaja mengundang Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah untuk memompa semangat cinta Tanah Air dan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru kampusnya.

"Mahasiswa baru Uhamka sebagai generasi milenial mesti terus diberikan peningkatan wawasan kebangsaan dan nasionalisme di tengah era revolusi industri 4.0 yang penuh tantangan juga kesempatan luas mengembangkan diri dalam berbagai aspek kehidupan," tegas Gunawan.

Menurutnya, Uhamka juga mempersiapkan para mahasiswa nya mengikuti program magang pada sejumlah perusahaan sehingga ketika lulus siap bekerja dan berkiprah untuk pembangunan masyarakat dan bangsa. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT