09 September 2019, 18:01 WIB

10 Capim KPK Mulai Susun Makalah


Putra Ananda | Politik dan Hukum

Antara/ Puspa Perwitasari
 Antara/ Puspa Perwitasari
 Aziz Syamsuddin  (kiri)

SEPULUH calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mengikuti rangkaian uji kelayakan yang diadakan oleh Komisi III DPR RI. Di tahap awal, para capim diberi tugas oleh Komisi III DPR RI untuk menyusun makalah.

Masing-masing capim KPK dipanggil ke meja pimpinan Komisi III untuk memilih topik makalah terkait tindak pidana koruspi. Makalah yang dibuat oleh ke-10 capim KPK akan digunakan Komisi III sebagai bahan pertimbangan dalam tahapan wawancara di uji kelayakan berikutnya.

Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin menjelaskan agenda fit and proper test sesi tanya jawab baru akan digelar pada 11-12 September 2019. Nantinya Komisi III akan memilih 5 dari 10 capim KPK yang direkomendasikan oleh pansel.

"Akan kami dalami hasil-hasil dari pansel untuk bahan fit and proper tanggal 11 dan 12 (September)," kata Aziz di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9).

Baca juga: Menkumham Temui Jokowi Bahas Draf Revisi UU KPK

Azis melanjutkan, keputusan mengenai siapa capim KPK yang lolos uji kelayakan akan diumumkan di hari terkahir pelaksaaan tahapan uji kelayakan. Paling lambat ditargetkan tahapan akan selesai pada Kamis (12/9). Keputusan akan diambil melalui jalan musyawarah mufakat atau voting.

"Akan difinalisasi paling lambat Kamis, bisa lewat musyawarah mufakat atau voting jika tidak dicapai kata mufakat," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Herman Heri menilai Pansel Capim KPK telah bekerja dengan profesional. Ia mengakui adanya pro dan kontra dalam proses seleksi, tapi masih dalam bingkai dinamika yang wajar dalam demokrasi.

"Sudah cukup profesional. Soal adanya pro dan kontra itulah bagian dari kehidupan demokrasi bangsa ini. Ada yang suka dan ada yang tidak suka," tuturnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT