09 September 2019, 17:43 WIB

Pelantikan Anggota DPRD Flotim Habiskan Dana Rp217 Juta


Ferdinandus Rabu | Nusantara

MI/Ferdinandus Rabu
 MI/Ferdinandus Rabu
Pelantikan Anggota DPRD Flotim Habiskan Dana Rp217 Juta

Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Flores TImur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur resmi dilantik, Senin (9/9) oleh Ketua Pengadilan Negeri Larantuka Rightmen MS Situmorang.

Acara pelantikan digelar di Aula Kantor DPRD Flotim di Larantuka dan dihadiri oleh bupati serta wakil bupati Flotim, kapolres dan kepala staf kodim 1624, dan sejumlah forkopimda. Pelantikan anggota DPRD ini ditengarai menghabiskan anggaran sebesar 217 juta rupiah yang bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan.

''Untuk kegiatan pengresmian dan penandatanganan anggota DPRD masa bakti 2019-2024, kita anggarkan dalam APBD perubahan sebesar Rp217 juta. Sementara khusus untuk pakaian dinas anggota DPRD baru, dialokasikan anggaran sekitar Rp198 juta. Alokasi pakaian dinas ini bagi 30 anggota DPRD yang dilantik hari ini,'' ujar Sekretaris Dewan (sekwan) Flotim, Petrus Pemang Liku, saat ditemui Senin (9/9).

Sekwan Petrus juga menambahkan setiap anggota DPRD ini akan menerima penghasilan dengan total kisaran Rp23 juta hingga Rp27 juta per bulan yang bersumber dari gaji pokok dan tunjangan.

''Untuk penghasilan setiap bulan yang akan diterima anggota DPRD, dengan rinciannya, gaji pokok untuk ketua DPRD sebesar Rp2.100.000, gaji pokok untuk wakil ketua sebesar Rp1.680.000, dan gaji pokok untuk anggota sebesar Rp1.575.000. Selain itu, ada juga tunjangan yang berupa tunjangan perumahan sekitar Rp6 juta per bulan, tunjangan tranportasi sekitar Rp9 juta per bulan, tunjangan komunikasi intensif sekitar Rp6 juta per bulan dan juga ada pula tunjangan di alat kelengkapan. Sehingga total penghasilan yang yang diterima adalah, ketua DPRD sebesar Rp27 juta belum termasuk pajak, wakil ketua sekitar Rp25 juta, dan anggota DPRD sebesar Rp23 juta. Tentunya semuanya itu akan dipotong pajak,'' jelas Petrus.

Sementara itu, 30 anggota DPRD yang dilantik ini berasal dari 8 partai politik (parpol) yang lolos dalam pemilu 2019 dan memperoleh kursi DPRD. Delapan parpol yang lolos berdasarkan urutan perolehan kursi yaitu, Partai PDI-P (7 kursi), PKB (4 kursi), Gerindra (4 kursi), Golkar (4 kursi), Nasdem (4 kursi), PAN (4 kursi), Hanura (2 kursi), dan Partai Perindo (1 kursi). (FB/OL-10)

BERITA TERKAIT