09 September 2019, 17:21 WIB

Kemarau, Layanan Pelanggan PDAM Klaten tidak Terganggu


Djoko Sardjono | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Meski sumber air baku terdampak kemarau, PDAM Tirta Merapi masih menyalurkan bantuan air ke beberapa daerah kekeringan di Klaten.

Sumber air yang dimanfaatkan PDAM Tirta Merapi Klaten, Jawa Tengah, terdampak kemarau. Pelanggan PDAM pun diimbau agar bijaksana menggunakan air pada musim kemarau tersebut.

Direktur Utama PDAM Tirta Merapi Klaten, Irawan Margono, mengatakan dampak kemarau membuat debit sumber air yang diambil turun sekitar 3% dari kapasitas 516 liter per detik saat ini.

Debit sumber air baku sebesar 516 liter per detik yang dimanfaatkan PDAM Tirta Merapi Klaten, diperoleh dari sembilan mata air dan beberapa sumur dalam yang tersebar di beberapa titik.

Sementara, lanjut Irawan, penurunan debit air belum sampai mengganggu pelayanan kepada masyarakat, misal dilakukan penggiliran aliran air ke pelanggan seperti yang di daerah lain.

''Memang, berdasarkan pengecekan beberapa sumber air baku ada penurunan debit, tapi tidak signifikan. Hanya sekitar 3% dan tidak sampai mengganggu pelayanan kepada pelanggan,'' ujarnya.

Di sela upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-42 PDAM Tirta Merapi Klaten, Senin (9/9), Irawan meminta agar masyarakat bijaksana dalam menggunakan air pada musim kemarau ini.

Saat ini, PDAM Tirta Merapi Klaten melayani sekitar 44.000 pelanggan yang tersebar di kota kabupaten dan sembilan ibukota kecamatan. Dan, hingga saat ini aliran air ke pelanggan masih tetap lancar.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Merapi, Purwanto Aanggono Cipto, mengingatkan kepada seluruh jajaran PDAM Klaten untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat.

''Saya minta agar komitmen, kode etik, dan pakta integritas kerja dijaga untuk menghadapi tantangan yang semakin besar di masa datang, terutama dalam pelayanan air minum di Klaten,'' ujarnya.

Upacara HUT ke-42 PDAM Tirta Merapi dipimpin Purwanto Anggoro Cipto, Asisten II Sekda Klaten/Ketua Dewan Pengawas PDAM, dan Dirut PDAM Irawan Margono bertindak sebagai komandan upacara.

Dalam rangka peringatan HUT ke-42, PDAM Tirta Merapi menyalurkan bantuan (dropping) air bersih sebanyak 60 tangki ke beberapa daerah yang kekeringan akibat kemarau di Klaten. (JS/OL-10)

BERITA TERKAIT