09 September 2019, 14:38 WIB

NasDem DPRD DKI Setuju Trotoar di Jakarta Multifungsi


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MI/ HAUFAN HASYIM SALENGKE
 MI/ HAUFAN HASYIM SALENGKE
Trotoar di Jakarta. 

KETUA Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino, angkat bicara soal penggunaan trotoar yang juga digunakan untuk pedagang kaki lima (PKL). Ia setuju apabila trotoar di Jakarta menjadi multifungsi.

"Kami juga berpikir bahwa trotoar itu multifungsi ya, tidak hanya digunakan untuk pejalan kaki. Kita jangan berpikir sama antara pagi dengan malam," kata Wibi saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Senin (9/9).

Baca juga: Hari Pertama Perluasan Ganjil-Genap, Sejumlah Kendaraan Ditilang

Bagi NasDem, kata Wibi, semua itu harus mempunyai manfaat yang sebesar-besarnya. Sehingga jangan stagnan pada satu pemikiran saja. Oleh karena itu, pihaknya menilai trotoar bisa difungsikan untuk hal lain selain untuk pejalan kaki.

"Malam itu trotoar bisa dong dipakai buat orang berdagang. Apa masalahnya? Apakah harus eksklusif digunakan pejalan kaki saja? Tidak," imbuhnya.

Pemprov DKI diketahui masih mematangkan rancangan penataan trotoar yang mengokomodasi PKL.

Sebelumnya, Gubernur DKI, Anies Baswedan, menyatakan keberadaan pedagang di trotoar harus diatur agar tidak mengganggu pejalan kaki.

"Ya, tentu (ada revisi Perda). Itu juga kan ada di Undang-Undang UMKM ya, otonomi daerah mengenai penggunaan dari trotoar itu. Tidak sendirian mutlak dalam hal itu. Ini yang akan kita lakukan pembahasan serius dulu," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT