09 September 2019, 11:56 WIB

Launching Pilkada 2020 akan Digelar 23 September


M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

ANTARA/Puspa Perwitasari
 ANTARA/Puspa Perwitasari
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi

PERSIAPAN dan launching pemilihan kepala daerah serentak pada 2020 akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 23 September mendatang, tepat setahun sebelum pilkada digelar.

"Launching pilkada 2020 akan dilaksanakan di Jakarta pada 23 September 2019. Satu tahun persis sebelum hari H Pilkada 2020," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (9/9).

Launching yang digelar nanti sebagai tanda bahwa KPU pusat maupun KPU di daerah-daerah akan mulai fokus kembali mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.

"Ini menjadi sebuah tanda bahwa KPU RI dan KPU di 270 daerah betul-betul harus mulai fokus untuk menyelenggarakan Pilkada," ujar Pramono.

Baca juga: 9 Caleg DPR Terpilih Belum Serahkan Bukti LHKPN

Segala persiapan mendasar yang dilakukan KPU Pusat yang harus dilakukan secara detail agar tidak terjadi kesalahan dalam penyelenggaraan Pilkada kelak. Nantinya persiapan tersebut ditularkan kepada KPU di daerah-daerah.

"Dimulai dengan tahapan persiapan, perencanaan seperti kegiatan, anggaran, SDM, sosialisasi, dan sebagainya harus dipersiapkan," urainya.

Diketahui, tahun depan terdapat 270 daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota yang akan menggelar pilkada.

Untuk wilayah provinsi, sedikitnya sembilan provinsi yang akan menggelar pilkada sementara tingkat kota ada 37 kota yang menggelar event akbar tersebut.

Terakhir, untuk tingkat kabupaten, sebanyak 224 wilayah kabupaten dari 32 provinsi tercatat akan menggelar pilkada tersebut. (OL-2)

BERITA TERKAIT