09 September 2019, 06:10 WIB

Leclerc Juara GP Italia


Rendy Renuki H | Olahraga

AFP/Miguel MEDINA
 AFP/Miguel MEDINA
Charles Leclerc

CHARLES Leclerc merebut kemenangan beruntun di ajang Formula 1 2019. Usai menang di GP Belgia, pembalap Ferrari itu kembali meraih juara GP Italia, Minggu (8/9).

Bertarung di lintasan Sirkuit Monza, Leclerc berhasil finis sebagai pembalap tercepat. Pembalap asal Monaco itu mencatatkan waktu 1 jam 15 menit 26,665 detik di posisi pertama.

Pembalap muda itu mampu menyudahi perlawanan dua rival utama Ferrari, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Kedua pembalap Mercedes itu harus puas finis di posisi kedua dan ketiga.

Bottas menyegel posisi kedua setelah terpaut waktu 0,835 detik dari Leclerc. Sedangkan Hamilton finis di urutan ketiga dengan terpaut waktu 35,199 detik.

Mengawali lomba dari posisi terdepan, Leclerc langsung tampil ganas di lintasan. Namun ia terus mendapatkan tekanan dari Bottas dan Hamilton sejak awal balapan.

Baca juga: Leclerc Raih Posisi Pole di GP Italia

Terbukti Bottas sempat mencetak waktu tercepat saat balapan memasuki lap ke-48. Pembalap Finlandia itu mengemas waktu 1 menit 22,859 detik, mengungguli waktu tercepat Leclerc dengan 1 menit 23,009 detik.

Leclerc mulai memperlihatkan tanda-tanda kemenangan pada beberapa lap terakhir. Ia berhasil menjauh dari kejaran Bottas di tikungan kedua saat balapan tinggal menyisakan dua lap lagi.

Walau sempat dikejar Bottas, penampilan Leclerc tetap konsistensi di balik kemudi. Pembalap 21 tahun itu pun akhirnya sukses mengamankan gelar juara di Monza.

Sayang penampilan apik Leclecr tidak diikuti rekan setimnya, Sebastian Vettel. Pembalap asal Jerman itu harus menyelesaikan balap di posisi 14 terpaut satu lap dari Leclerc. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT