08 September 2019, 17:49 WIB

Astra Dukung Penuh Indonesia di Dubai World Expo 2020


Laporan: Akhmad Mustain dari Dubai | Ekonomi

MI/ Ahmad Mustain
 MI/ Ahmad Mustain
Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (kanan) memimpin rapat koordinasi persiapan paviliun Indonesia untuk World Dubai Expo 2020

KEPALA Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf meminta PT Astra International sebagai pihak sponsor, gencar melakukan promosi atas keikutsertaan Indonesia dalam Dubai World Expo 2020. Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra Internasional Riza Deliansyah menegaskan pihaknya akan memberikan dukungan penuh.

Triawan melihat, bahwa promosi harus gencar dilaksanakan untuk meningkatkan awareness seluruh pemangku kepentingan di Indonesia.

"Selain mematangkan konsep, tema yang akan Paviliun Indonesia itu apa. tentu aspek promosi (Keikutsertaan Indonesia di Dubai World Expo) harus digencarkan," tutur Triawan seusai memimpin rapat koordinasi persiapan peletakan batu pertama Paviliun Indonesia di Kantor Konsulat Jenderal RI Dubai, Uni Emirat Arab, hari ini.

Menjawab permintaan tersebut, Riza menegaskan bahwa Astra akan mematangkan konsep promosi untuk Dubai Expo ini. Tentu setelah tema paviliun Indonesia dalam Dubai expo 2020 sudah diputuskan. "Konsep promosi akan menjadi bahan diskusi bersama," ujarnya.

Namun yang jelas, lanjut Riza, sebagaimana expo sebelumnya, karena even semacam ini baik untuk Indonesia pasti Astra mendukung. "Astra pasti akan hadir untuk mendukung, karena Astra besar di Indonesia," tutur Riza.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Dody Edward menyampaikan bahwa untuk menuju kesuksesan dalam kepesertaan Indonesia di Dubai World Expo 2020, butuh kerja bersama dan sinergitas seluruh pemangku kepentingan, untuk itulah akan dibentuk sekretariat bersama.

"Ini butuh sinergitas seluruh K/L, kementerian, BUMN, pelaku usaha dan pelaksana kegiatan (event organizer). Presiden berpesan, jangan seluruhnya seluruhnya dipikirkan oleh pemerintah. Keikutsertaan kita pada Dubai Expo mencerminkan kita seutuhnya, semua pihak terlibat," tuturnya.

Terkait dengan permintaan Triawan mengenai konsep dan tema Paviliun Indonesia untuk menampilkan Indonesia di masa depan dengan tetap berpijak pada jati diri dan kekayaan budaya bangsa, Presiden Direktur PT Samudra Dian Persada Harimansyah Zagloel berjanji akan mewujudkan hal tersebut.

"Akan kami ambil semua ide yang disampaikan para pemangku kepentingan, termasuk usul dari Bappenas bagaimana Indonesia emas 2045 tentu dengan tampilan yang kreatif. Entertaining meskipun harus tetap edukatif dan informatif," tuturnya.

Pembangunan Paviliun Indonesia untuk Dubai World Expo 2020 akan dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Triawan, besok. Pembangunan Paviliun Indonesia akan dilakukan oleh PT. Wijaya Karya dengan estimasi anggaran akan mencapai Rp400 miliar.(OL-8)

BERITA TERKAIT